Coworking Space di Kota Besar – Fenomena, Konsep & Fasilitas Ideal Dibaliknya



Disaat ini, fenomena coworking space sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan kantor di kota-kota besar sudah semakin banyak terlihat di Indonesia.

Konsep ruang kerja bersama ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi problema sempitnya lahan dan mahalnya biaya sewa perkantoran.

Adanya coworking space, tanpa harus pusing memikirkan tempat, membuat para Pebisnis dan Marketer bisa jadi lebih fokus pada karir dan pekerjaannya.

Sebagai informasi saja, coworking space telah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2010-an, dan sudah banyak mulai bertebaran di kota-kota besar.

Ruang bekerja bersama ini tersedia dalam berbagai pilihan fasilitas yang mendukungnya, mulai dari harga yang terjangkau hingga premium.

Begitu pun dengan desain interiornya, dekorasi modern layaknya kantor permanen membuat tempat para pebisnis berkumpul ini menjanjikan kenyamanan.

Ditambah kelebihan lain dari terjalinnya interaksi antara para pebisnis dengan berbagai latar belakang, yang memungkinkan terciptanya networking yang luas.

Konsep Coworking Space

Sahabat RenovAsik, pada dasarnya coworking space adalah ruang kerja bersama, yang mengedepankan konsep ruang terbuka (open space) untuk berbagi.

Di mana, berbagai komunitas, maupun individu bisa bekerja bersama di satu ruangan terbuka, yang bertujuan untuk meningkatkan networking.

Sehingga, usaha maupun bisnis yang dijalankan bisa berkembang menjadi lebih pesat, dengan banyaknya kesempatan dan relasi bisnis yang berbeda-beda.

Bahkan, sebuah sumber informasi terpercaya menyebutkan, industri coworking space tumbuh sekitar 15 persen di Asia Tenggara pada tahun 2017.

Pertumbuhan  coworking space ini beriringan dengan kebutuhan ruang kerja di gedung- gedung perkantoran yang semakin meningkat karena sumber daya yang semakin terbatas. 

Konsep ruang kerja bersama ini muncul sebagai kemajuan teknologi yang serba digital, sehingga memungkinkan orang bisa bekerja secara berpindah-pindah tempat dan bisa dari mana saja.

Sehingga pengguna utama konsep ruang Bersama ini adalah para enterpreneur, pebisnis digital, Pebisnis baru atau start-up, Marketer maupun para freelancer.

Fasilitas Ideal Coworking Space

Sebagai fenomena baru di kalangan pebisnis, coworking space yang disediakan di kota-kota besar mempunyai berbagai fasilitas ideal untuk memenuhi kebutuhan kantor.

Ruang kerja yang dilengkapi dengan koneksi internet, ruangan ber AC, meja kursi untuk bekerja, loker untuk tempat penyimpanan, kamera CCTV untuk keamanan, desktop serta printer untuk digunakan bersama, dan meeting room atau ruang diskusi.

Selain itu tersedia juga penerimaan surat atau paket yang masuk, serta alamat virtual untuk keperluan legalitas. Bahkan ada penyedia jasa yang menyiapkan workshop atau pelatihan bagi para pengguna yang membutuhkannya.

Bahkan, untuk memfasilitasi para pengguna, penyedia jasa pada umumnya juga menyiapkan air mineral, teh atau kopi, maupun ruangan yang full musik.

Meja kursi kerja pun didesain dengan konsep modern, tidak terlalu formal (atau mirip dengan kafe) namun tetap nyaman jika digunakan untuk bertemu relasi dan berdiskusi.

Singkat kata, coworking space menyediakan fasilitas yang membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dan segar, yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja.

Terlebih lagi, sekarang ini pun fenomena coworking space ini telah sampai merambah dan digunakan didalam instansi-instansi pemerintahan.

Bagaimana, Kamu tertarik membangun ruang kerja bersama ini?
Atau terpikat untuk merenovasi coworking space yang sudah Kamu bangun supaya lebih asyik? Hubungi RenovAsik yaah…


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.