Cermati 3 Tabu - Tips Fengshui Saat Niat Merenovasi Rumah



Umumnya, renovasi rumah dilakukan karena penghuni tidak menduga akan ada kebutuhan dan fungsi ruangan baru di rumah.

Lalu jika demikian, apa dan bagaimana kaitan antara renovasi rumah dengan feng shui?

Menurut ilmu dari negeri Cina ini, renovasi rumah atau properti bisa mengakibatkan perubahan atau perhitungan dalam feng shui.

Hal ini bisa saja terjadi karena perubahan bentuk dan desain rumah asal. Dan dalam hal ini, ada dua aspek yang bisa Sahabat RenovAsik lihat:

Pertama adalah Ba Zhai (Feng Shui 8 Gedung/Arah Mata Angin), titik pusat bangunan mungkin saja bergeser, sehingga feng shui rumah akibat renovasi (perubahan) perlu dihitung kembali.

Kedua adalah Fei Xing (Bintang Terbang). Untuk hal ini, bila perubahan itu menyelimuti lebih dari 30% dari bentuk asalnya, maka feng shui rumah harus dihitung, apakah masih termasuk didalam periode yang sama atau telah mengalami perubahan.

Menurut tata cara kedua ini, setiap 20 tahun bangunan berganti periode. Saat ini kita memasuki tahun 2016, termasuk dalam Periode ke-8 (2004 - 2023). Jika bangunan asal didirikan diantara tahun 1984 - 2003, termasuk bangunan Periode ke-7. Dan bila bangunan asal didirikan antara tahun 1964 - 1983, bangunan masuk ke dalam periode ke-6. Dan seterusnya.

Maka, bila dilakukan renovasi (perubahan) disaat periode yang berbeda, dengan sendirinya rumah atau property tersebut akan masuk dalam periode baru.

Oleh sebab itu, janganlah gegabah mengubah atau merenovasi rumah. Jika keliru, rumah yang telah baik secara feng shui, justru akan berubah menjadi buruk setelah renovasi.

Jika bangunan itu direnovasi dalam periode yang sama, tentu saja tidak ada perubahan periode. Namun kembali kepada aspek pertama, apakah terjadi “pergeseran” titik berat dari properti? Jika ada, maka Anda layak untuk menghitungnya kembali.

Cermati Tiga Tabu Dalam Feng Shui

Feng shui telah memperlihatkan, supaya Sahabat RenovAsik jangan sembarangan dalam melakukan renovasi rumah.

Dalam feng shui, ada hal penting dalam melakukan renovasi rumah pada tahun tertentu, yaitu “tiga tabu” atau tidak melakukan pembongkaran pada bagian-bagian tertentu.

Lalu bagaimana logikanya? Feng shui tahunan (Visiting Star) membagi ruang menjadi 9 sektor, yaitu 8 sektor mata angin dan 1 sektor tengah.

Jika bagian yang akan di renovasi berada di sektor yang buruk, sedangkan properti masih Anda tempati, maka bunyi dentuman konstruksi saat bangunan direnovasi akan memicu/men-trigger energi buruk untuk tersebar ke sektor bangunan lain secara cepat.

Oleh karena itu, sektor yang disinyalir sebagai sektor yang buruk di tahun 2016 ini pantang untuk Anda bongkar.

Bagian yang tidak boleh dibongkar adalah sektor yang memiliki bintang yang membawa pengaruh yang buruk, yaitu Bintang 2 atau Bintang Penyakit (Barat Daya); Bintang 5 atau Bintang Apes (sektor Tengah); serta Bintang 3 atau Bintang Percekcokan (sektor Timur). Jika bagian tersebut memang harus dibongkar, alangkah baiknya jika Anda menunggu untuk renovasi ditahun berikutnya.

Semoga tips feng shui renovasi rumah kali ini bermanfaat yaah…


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.