Cek - 5 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jasa Kontraktor



Rumah adalah tempat bernaung bagi banyak orang bersama anggota keluarga terkasih mereka. Jadi tidak heran jika mereka juga menginginkan yang terbaik untuk urusan tempat tinggal yang satu ini.

Nah, sebelum memutuskan untuk membangun rumah, semua hal, mulai dari mendesain sampai urusan budget akan menjadi beberapa hal yang layak dipertimbangkan.

Tentu saja jika Anda tidak mau repot atau bersusah payah, hal paling pertama yang bisa Anda renungkan adalah cara untuk menemukan jasa kontraktor rumah terpercaya.

Karena apa? Karena di era sekarang ini, jauh lebih mudah untuk menemukan para kontraktor nakal jika dibandingkan dengan jasa kontraktor yang murah namun berkualitas jempolan.

Untuk itu, kali ini Renovasik akan berbagi beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih jasa kontraktor rumah. Apa saja hal tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

Pahami Keinginan

Sebagai seorang klien, Andalah orang yang akan mengendalikan semua proses dalam pembangunan rumah, dari A sampai Z-nya.

Jadi, sebelum menemui salah satu kontraktor pembangunan atau renovasi rumah, luangkanlah sedikit waktu untuk merenung tentang bagaimana rumah tersebut terlihat nantinya.

Kemudian, kalkulasi seberapa banyak uang yang Anda rela habiskan untuk pembangunan rumah tersebut. Jika merasa kesulitan, gunakan jasa konsultan desainer untuk membantu menyelesaikannya.

Bandingkan Harga

Meskipun ini adalah hal yang cukup mudah, ternyata banyak orang yang malas untuk mencari tahu tentang penawaran harga dari kontraktor.

Pilihlah setidaknya tiga kontraktor sebelum memutuskan jasa kontraktor mana yang akan Anda gunakan, lebih banyak lebih baik.

Dengan membandingkan harga antara satu kontraktor dengan yang lain, Anda akan mendapatkan wawasan dan sudut pandang yang lebih luas.

Siapa tahu, diantara mereka Anda akan menemukan jasa kontraktor rumah yang memberikan pengerjaan terbaik dan diskon menarik.

Cek Kinerja

Meski Anda sudah mendapatkan satu nama kontraktor dari teman dekat atau kerabat, yang notabene sudah pernah menggunakan jasa mereka sebelumnya, tetaplah untuk selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Carilah informasi tentang perusahaan jasa terkait tersebut, baik latar belakang dan data rekam jejaknya.

Apa mereka telah memiliki izin?
Bagaimana attitude karyawannya?
Apakah pernah bermasalah dengan proyek sebelumnya?

Temukan informasi tentang proyek yang telah mereka kerjakan sebelumnya supaya Anda mendapatkan gambaran dan yakin dengan hasil kerja kontraktor rumah tersebut.

Periksa Portfolio

Perusahaan yang memiliki ratusan proyek dengan hasil kerja yang memuaskan ternyata tidak sepenuhnya menjadi jaminan utama dalam menjatuhkan pilihan.

Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana etos kerja serta cara mereka dalam melayani dan memperlakukan klien mereka.

Periksa bagaimana cara mereka dalam berkomunikasi dengan klien sebelumnya, apakah sering mengambil keputusan sendiri atau lambat dalam bekerja? Apakah mereka menggunakan material berkualitas atau justru mencurangi customer?

Jangan sampai Anda terjebak, semua itu bisa Anda ketahui dari portofolio mereka sebelumnya.

Pahami Kontrak

Terakhir, sebelum pembangunan dimulai, pastikan kontraktor telah memberikan surat kontrak kerja yang jelas kepada Anda sebagai klien mereka.

Hal mendasar seperti budgeting dan berapa lama waktu pengerjaan juga harus tertulis dengan jelas disana.

Cermati layanan apa saja yang mereka sertakan, cek mana yang dikenakan biaya tambahan. Ini semua demi menghindari timbulnya masalah di masa depan. Benar, teliti sejak awal bertujuan untuk menghindari kerugian.

Manfaatkan platform yang berisi rekomendasi portofolio berbagai jasa kontraktor yang akan memudahkan proses pertimbangan Anda, baik secara harga, layanan maupun desain.

Pada akhirnya, memilih kontraktor rumah terpercaya akan membantu Anda mempermudah kelancaran proses pembangunan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.