Bikin Betah - Inilah 5 Inspirasi Rooftop Rumah Minimalis Yang Wajib Kamu Coba!



Rooftop adalah salah satu bagian dari sebuah properti, sesuai dengan artinya, letaknya berada di atas atau puncak dari bangunan.

Umumnya, peran rooftop dalam sebuah properti adalah sebagai tempat service area seperti lokasi jemuran, tandon air, maupun tempat alternatif berkebun.

Namun, seiring perkembangan jaman, rooftop pun digunakan sebagai area untuk bersantai, mengobrol, menyantap hidangan dan menikmati pemandangan.

Mungkin pernah terlintas dalam benak Kamu bahwa untuk membuat rooftop tentulah membutuhkan lahan yang luas, benar bukan?

Tenang, Kamu yang memiliki rumah minimalis dengan lahan yang terbatas pun bisa mewujudkan untuk membangun sebuah rooftop.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima inspirasi RenovAsik yang bisa kamu pilih untuk mendesain rooftop yang bikin aktivitas di rumah tambah asyik.

1. Rooftop ala Maroko

Yang pertama, Kamu bisa mulai mendesain rooftop minimalis dengan nuansa dekorasi dari negara di benua afrika bagian utara ini.

Umumnya, konsep rooftop dari negara ini lekat sekali dengan bangunan yang menggunakan batu berwarna merah atau oranye.

Konsep ini pun tidak memerlukan furnitur, Kamu hanya membutuhkan permadani atau alas kain, dan menambahkan bantal untuk bersantai.

Supaya nuansa negara Maroko semakin tajam dan terasa, Kamu pun dapat menambahkan berbagai ornamen dekorasi seperti lentera.

2. Rooftop Taman Kayu

Inspirasi desain rooftop selanjutnya yang bisa Kamu aplikasikan adalah rooftop yang didominasi oleh berbagai elemen kayu.

Konsep ini bisa memberikan kesan yang hangat dan nyaman, terutama akan membuat Kamu dan pasangan jauh merasa lebih intim.

Selain menggunakan elemen kayu pada lantai, kamu pun bisa menambahkan furnitur dari kayu, seperti meja dan kursi santai.

Supaya tampak terlihat lebih segar, kamu pun bisa menambahkan beberapa tanaman hijau pada sekeliling rooftop taman kayu ini.

3. Rooftop Taman Bermain

Ketiga, Kamu pun dapat mendesain rooftop rumah minimalis dengan konsep taman bermain untuk anak-anak yang Kamu sayangi.

Namun, kamu pun harus memastikan juga tentang faktor keselamatannya, misalnya dengan menambahkan pagar rooftop berukuran tinggi.

Disisi lain, Kamu juga bisa menempatkan taman bermain tersebut di tengah-tengah taman yang hijau pada rooftop.

Nah, agar rooftop taman bermain lebih memukau, tambahkan kursi ayunan serta berbagai mainan untuk si kecil.

4. Rooftop Tropis Modern

Disini, Kamu dapat menghadirkan ruang santai keluarga bertema alam di atas rooftop minimalis layaknya sebuah ruang keluarga.

Di lokasi teratas rumah ini, Kamu bisa menata semuanya secara simpel dan bertema natural. Ini akan membuat hati anggota keluarga menjadi senang.

Saran dari RenovAsik, kelilingi rooftop tropis modern ini dengan berbagai pot yang berukuran besar serta lampu gantung yang berpijar lembut.

Apa pasalnya? Hal ini tentu akan membuat nuansa rooftop tropis modern ini menjadi semakin terasa lebih asyik.

5. Rooftop Estetik Minimalis

Rasanya, tidaklah sukar untuk mewujudkan rooftop minimalis yang estetik di sebuah ruangan berukuran standar.

Caranya cukup mudah, Kamu bisa menempatkan flooring kayu disekililing dinding untuk membuat kesan natural semakin kuat.

Kamu pun bisa menambahkan dekorasi berwarna hijau seperti beraneka ragam tanaman hias warna-warni untuk membuat tampilan rooftop menjadi semakin manis.

Dan, supaya Rooftop menjadi lebih multifungsi, kamu pun bisa menambahkan furnitur outdoor seperti meja makan dan kursi.

Sekarang Kamu dan keluarga bisa menikmati makan malam (dinner) diatas rumah dengan suasana menyenangkan. Asyik kan?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.