Berniat Merenovasi Gudang Sewa? Ikuti 5 Langkah Ini Sebelum Melakukannya



Apakah gudang sewa yang baru saja Anda tempati sebagai lokasi bisnis atau usaha membutuhkan perombakan atau renovasi?

Jika IYA adalah jawabannya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat, karena Anda akan menemukannya dalam artikel ini.

Meskipun fungsi utama bukan sebagai lokasi hunian seperti rumah, gudang yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan stok barang harus juga terasa nyaman.

Jadi, jika pihak penyedia gudang mengijinkan renovasi, maka Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memperbaiki bagian-bagian tertentu.

Nah, supaya proses renovasi gudang bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan, simak 5 langkah yang telah RenovAsik rangkum untuk Anda dibawah ini.

1. Menentukan Bagian Yang Akan Direnovasi

Sebelum mengontak kontraktor pilihan untuk menangani renovasi, tentukan terlebih dahulu bagian gudang mana yang membutuhkan perombakan.

Lalu kemudian, seandainya ada lebih dari satu bagian yang memerlukan perbaikan, prioritaskan dulu yang memiliki andil besar terhadap kegiatan operasional usaha.

Tahap ini cukup penting, karena akan membantu Anda dalam ‘memprediksi’ estimasi biaya renovasi gudang sewa yang akan dikeluarkan.

Dengan demikian, Anda tidak bakal bingung disaat melakukan pembukuan dan arus kas usaha jauh dari problema yang berpotensi mengganggu keuangan.

2. Merancang Bujet Sematang Mungkin

Setelah menentukan bagian gudang mana yang akan direnovasi, segeralah merancang anggaran dana atau bujet yang dibutuhkan.

Anda perlu menghitung setiap biaya secara matang untuk mencegah munculnya pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga.

Satu langkah yang bisa membantu perencanaan anggaran adalah dengan melakukan survei ke toko-toko material bangunan secara langsung.

Jadi, Anda bisa segera membandingkan harga material yang akan digunakan untuk merombak dan merenovasi gudang sewa tersebut.

3. Menyesuaikan Kualitas Material Dengan Bujet

Sudah ketemu toko dengan material bangunan yang Anda butuhkan? Sebelum membelinya, sesuaikan harga material dengan bujet renovasi.

Apa alasannya? Karena mungkin saja Anda harus mengganti material atau menambah biaya hingga dianggap memenuhi kebutuhan.

Bagaimana jika Anda tidak bisa menambah bujet renovasi? Akali dengan menemukan material bangunan dengan kualitas dibawahnya, namun masih layak untuk digunakan.

Jadi, bagian gudang sewa yang perlu diperbaiki tetap bisa digunakan oleh para karyawan pergudangan secara produktif dan maksimal.

4. Konsultasikan Dengan Pihak Penyedia Jasa Renovasi

Anda yang sama sekali belum pernah melakukan renovasi gudang sewa sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia jasanya.

Pengalaman dalam menangani renovasi gudang, baik sebagian atau menyeluruh pasti akan sangat membantu untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Konsultasi pun sebaiknya tetap dilakukan selama proses renovasi berlangsung. Anda bisa bertanya hal-hal yang terkait dengan Gudang sewa tersebut.

Misalnya, dengan menanyakan tentang perawatan yang selayaknya diberikan pada gudang sewa, sehingga hasil renovasi bisa bertahan lama.

5. Pastikan Tidak Mengganggu Kinerja Karyawan

Melakukan proses renovasi tanpa mengganggu kegiatan operasional di gudang tempat bisnis dan usaha, mungkin saja terjadi.

Tetapi, Anda harus tetap memastikan terlebih dahulu bahwa prosesnya tidak akan mengganggu produktifitas dan kinerja karyawan.

Jika bagian yang diperbaiki berkaitan dengan pekerjaan mereka, maka sediakan tempat sementara supaya mereka tetap dapat bekerja dengan baik.

Lalu, cek juga jadwal penerimaan maupun pengeluaran barang jika gudang sewa tersebut dijadikan sebagai lokasi stok barang.

Informasikan kepada supplier, distributor, konsumen dan pihak-pihak terkait yang terlibat jika renovasi berpotensi menimbulkan keterlambatan distribusi.

Dan akhirnya,…

Itulah 5 langkah yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan renovasi gudang sewa. Tidak mau repot sejak awal? Hubungi RenovAsik yaa...


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.