Berkat Installasi Panel Surya, Harga Properti Bisa Jauh Melesat



Panel surya atau solar panel merupakan sistem yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Selain digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), teknologi ini pun bisa diinstall dan dimanfaatkan pada atap rumah hunian.

Penggunaan panel surya, sudah barang tentu dapat memberikan kontribusi dan menjadikan lingkungan dirumah menjadi jauh lebih baik.

Benar, dengan mengadopsi sistem panel surya, Kamu sudah berinvestasi dalam sumber energi penghijauan dan terbarukan yang berguna bagi lingkungan.

Daya atau tenaga yang dihasilkan panel surya benar-benar bersih, dan tidak menghasilkan polusi udara, air maupun efek gas dari rumah kaca.

Selain itu, Kamu pun bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan rumah. Setelah installasi, Kamu mungkin akan melihat penurunan biaya tagihan listrik yang signifikan.

Hal itu sudah dibuktikan dari Riset yang dilakukan BSES Yamuna Power Limited (BYPL) dan Council on Energy, Environment and Water (CEEW), yang menyimpulkan bahwa installasi panel surya bisa menghemat pengeluaran tagihan listrik hingga 95 persen setiap bulannya.

Meski demikian, panel surya di negeri kita mempunyai beberapa kekurangan. Contohnya, kebanyakan solar panel yang ada di Indonesia masih menggunakan sistem on-grid.

Ini artinya, penggunaan solar panel masih tergantung dari energi listrik PLN. Sehingga jika terjadi pemadaman listrik, maka panel surya juga ikut padam.

Jika ingin tetap menyala, maka rumah haruslah menggunakan sistem hybrid yang menggunakan tenaga baterai yang harganya cukup tinggi.

Lalu bagaimana dong, apakah cukup worth it untuk menginstall panel surya pada atap rumah hunian?  

Saran dari RenovAsik, masyarakat di Jabodetabek supaya tetap menggunakan panel surya dengan sistem on-grid terlebih dahulu, mengingat pemadaman listrik di area Jawa dan Bali masih cukup jarang.

Lalu, sebelum memutuskan untuk menginstall panel surya di rumah pun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya prosesnya berjalan dengan mudah.

Apa saja hal yang mesti diperhatikan oleh penghuni? Yaitu luas atap, kekuatan atap untuk menyangga serta kekuatan daya listrik dari PLN.

Apa pasalnya? Karena kita tidak bisa menginstall panel surya yang melebihi daya yang sudah terpasang di rumah hunian dari PLN.

Pemilik rumah juga sangat disarankan untuk memasang panel surya di rumah milik pribadi. Bukan rumah kontrakan, apalagi sewa.

Karena panel surya bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan sampai dengan dua puluh lima tahun penggunaan.

Lalu bagaimana dengan penambahan nilai investasi yang disebabkan oleh installasi dari panel surya ini pada rumah hunian?

Yes. RenovAsik menemukan sebuah riset, bahwa panel surya yang diinstall pada rumah hunian dapat melesatkan harga properti hingga naik sebesar 3-4 persen.

Sebuah riset di Amerika menunjukkan bahwa penghuni rumah yang memanfaatkan solar panel, tak hanya mendapatkan kembali biaya pemasangan, namun juga menerima premi yang akan meningkatkan investasi.

Bagaimana dengan di Indonesia? Sudah barang tentu juga panel surya akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi rumah hunian. Sip.…


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.