Berdasarkan 3 Waktu – Inilah Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri



Di Indonesia, saat ini kasus positif covid-19 semakin naik dan melonjak.

Berdasarkan data dari laman web covid19.go.id per Selasa (20/07/2021) pukul 12.00 WIB menunjukkan, bahwa total jumlah kasus aktif Covid-19 di tanah air sebanyak 550.192 jiwa atau bertambah 7.254 orang dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Kasus yang aktif ini adalah pasien positif Covid-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Adapun total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terkonfirmasi sudah mencapai 2,9 juta orang, tepatnya 2.950.058 orang.

Sementara total kasus yang sembuh sudah sebanyak 2.323.666 jiwa atau bertambah 29.791 orang dan meninggal dunia sebanyak 76.200 jiwa atau bertambah 1.280 orang.

Selebihnya, bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun tidak bergejala (OTG) dan ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tetapi, ada satu problema yang muncul saat pasien dengan kategori tersebut telah dinyatakan sembuh, salah satunya adalah tentang bagaimana cara untuk membersihkan rumah yang digunakan sebagai tempat isolasi mandiri dengan tepat.

Dilansir dari halaman web Centres for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa cara yang bisa Sahabat Renovasik lakukan untuk membersihkan rumah berdasarkan tiga waktunya, yaitu kurang dari 24 jam, rentang 24 jam hingga 3 hari, dan setelah tiga hari.

Kurang Dari 24 jam

Sesungguhnya, Anda tidak diijinkan untuk langsung membersihkan rumah setelah dinyatakan negatif covid-19. Tunggulah selama beberapa jam.

Setelah itu, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendisinfeksi ruangan adalah menggunakan masker dan sarung tangan. Pastikan Anda menggunakan jenis disinfektan yang aman.

Kemudian, bersihkan area ruangan yang sering digunakan oleh penyintas Covid-19 seperti ruang kamar tidur dan kamar mandi.

Lalu, buka jendela dan gunakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara dirumah agar kembali segar.

O ya, layak untuk diingat, mendisinfeksi dan membersihkan rumah secara menyeluruh perlu dilakukan oleh seseorang yang sehat atau orang yang tidak terinfeksi Covid-19.

Rentang 24 Jam Hingga 3 Hari

Pada rentang waktu ini, dengan tetap menggunakan masker dan sarung tangan, Anda tetap perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh tanpa melakukan disinfeksi.

Setelah Tiga Hari

Setelahnya, Anda cukup membersihkan rumah secara rutin seperti yang biasa dilakukan.

Contohnya, membersihkan permukaan yang paling sering disentuh seperti remot TV, meja, pintu, saklar lampu, laptop dan lain sebagainya.

Bersihkan juga permukaan-permukaan lain yang terlihat kotor dan berdebu di berbagai ruangan dirumah Anda.

Layak untuk diingat, gunakan produk yang sesuai dengan memperhatikan label yang ada di kemasan pada saat sebelum membeli atau menggunakannya.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.