Bekerja Dari Rumah? Inilah 5 Tips Praktis Pencahayaan Ideal Untuk Ruang Kerja



Pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan dan aktivitas sehari-hari banyak orang, termasuk dalam bekerja dari rumah.

Mereka membuat ruang khusus untuk bekerja dan memperhatikan segala apa yang dibutuhkan saat beraktivitas di ruang kerja.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan bekerja.

Karena apa? Alasannya simpel, karakter dan kualitas pencahayaan di ruang kerja dapat membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas.

Pencahayaan yang buruk dapat mengurangi energi, meredam suasana hati, sampai membuat sakit kepala hingga mata lelah, dan ujung-ujungnya mengganggu kemampuan bekerja secara efektif.

Nah, jika tidak mempunyai akses cahaya alami kedalam ruangan, alternatifnya, lampu buatan akan membantu Anda untuk mendapatkan penerangan.

Sudah banyak yang menambah pencahayaan sekitar dengan lampu di atas kepala atau lampu tersembunyi, namun, itu saja tidaklah cukup.

Pencahayaan ambien yang ada tidak dirancang untuk pencahayaan fungsional, Sahabat disini perlu menambahkan sumber cahaya tambahan.

Dan, berikut adalah lima tips praktis pencahayaan ideal yang perlu Sahabat Renovasik pertimbangkan untuk diaplikasikan pada ruang kerja di rumah.

1.  Hindari Lampu Yang Langsung Menyorot Dari Bawah

Pencahayaan dari lampu yang diletakkan menyorot dari bawah keatas, terutama ke arah kepala akan membuat dan menambah silau pada mata.

Tipsnya, tambahkan kap lampu. Ia bersifat melembutkan dan menyebarkan cahaya yang terlalu terang benderang. Lainnya, adalah dengan menggunakan lampu lantai yang berguna memantulkan cahaya dari dinding dan langit-langit.

Tujuan dari keberadaan lampu ini adalah untuk menerangi seluruh ruangan tanpa menciptakan silau pada mata dan kontras cahaya yang tidak semestinya.

2. Gunakan Lampu Meja Fleksibel

Menggunakan lampu meja yang fleksibel atau dapat disesuaikan letaknya dapat mengarahkan cahaya tepat ke tempat yang Anda butuhkan disaat bekerja.

Hal ini akan mendukung berbagai produktivitas yang sedang Anda lakukan, baik saat bekerja maupun membaca buku atau laporan. 

3. Hilangkan Sumber Silau & Bayangan

Pertimbangkan dari mana arah cahaya berasal... Sumber cahaya yang diletakkan di tempat yang salah, misalnya di belakang meja kerja, tentunya akan menciptakan silau yang mengganggu layar monitor komputer Anda.

Lalu, perhatikan juga timbulnya bayangan yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh pencahayaan. Contohnya, jika Anda menulis dengan tangan kanan, tangan dan lengan Anda dapat membuat bayangan jika lampu juga ditempatkan di sebelah kanan. Segera ubah posisi lampu.  

4. Manfaatkan Sumber Cahaya Alami

Sinar matahari bisa menghasilkan cahaya hangat yang dapat meningkatkan imun dan produktivitas di lingkungan kerja.

Namun, di sisi lain, Anda mungkin perlu mempertimbangkan bahwa dalam waktu tertentu, terutama siang hari, pencahayaan alami bisa membuat silau pada mata.

Solusinya, Anda bisa memposisikan tempat kerja menghadap ke arah utara atau selatan sehingga sinar matahari tidak memberikan bayangan di titik mana pun. 

Untuk mengatur bagaimana tingkat kecerahan di siang hari, Anda pun bisa memasang tirai sederhana untuk meredam efek sinar matahari dalam ruangan.

5. Tambahkan Pencahayaan Dekoratif

Di luar berbagai jenis dan fungsi pencahayaan diatas, Anda bisa menambahkan pencahayaan dekoratif untuk membantu meningkatkan karakter visual pada ruang kerja di rumah.

Pencahayaan dari lampu hias bermotif maupun perapian beraksen akan memikat perhatian ke objek lain di dalam ruangan. Sementara itu, lampu hias sejenis sconce dinding bisa memberikan daya tarik visual secara langsung.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.