Bagaimana Tren Desain Rumah Bergaya Modern Di Tahun 2022? Ini Prediksinya



Tren desain rumah, yang cenderung berganti setiap tahun menjadikan proses pembangunan ataupun renovasi menjadi tidak mudah untuk dilakukan. Apa alasannya? Kebanyakan orang lebih suka mengikuti tren yang sedang berkembang.

Tahun ini, jika ditelusuri, desain rumah cenderung bertema natural atau alami. Penggunaan elemen alam seperti kayu menjadi fenomena yang mencuat didunia  desain interior, baik didalam maupun diluar negeri.

Bahkan, senada dengan tema desain interior bertema alam, warna-warna yang populer pun tidak keluar dari jalur palet earth tone, semisal putih, cokelat, krem maupun hijau.

Lantas, apakah tren desain rumah bergaya modern ini akan masih sama dengan tahun depan? Atau mungkinkah berubah total? Daripada Sahabat RenovAsik bertanya-tanya, langsung saja kita simak prediksi tren desain rumah bergaya modern di tahun 2022 menurut para pengamat desain.

Pembagian Ruang Umum dan Personal

Membangun ruang khusus untuk kepentingan pribadi merupakan tren desain rumah yang layak untuk dipertimbangkan pada saat ini. Anda dapat melakukannya dengan memisahkan atau membagi antara ruang umum dengan area personal.

Contohnya, untuk rumah bertingkat, Anda bisa menggunakan lantai pertama sebagai area publik seperti ruang tamu. Sementara ruangan pribadi seperti kamar tidur, ruang TV maupun ruang kerja bisa ditempatkan di lantai atas.

Lalu bagaimana dengan rumah yang hanya berlantai satu? Anda bisa membangun area umum pada bagian depan seperti teras maupun ruang tamu. Lalu area pribadi seperti kamar tidur, ruang keluarga dan dapur bisa dibangun di bagian area belakang rumah.

Pemilihan Palet Berwarna Natural

Hal ini masih berkaitan dengan pandemi yang “memaksa” banyak orang untuk beraktivitas di rumah. Ujung-ujungnya, banyak rumah didesain natural dan serupa dengan alam untuk menciptakan nuansa asri.

 

Untuk tahun 2022, tren warna desain interior tidak akan jauh berbeda. Hanya saja, pemilihan warna akan lebih mute dibandingkan dengan earth tone yang kaya akan warna-warna natural. Warna yang dimaksud adalah seperti hitam, abu-abu dan sejenisnya.

Selain warna palet utama tersebut, akan ada micro trend untuk warna aksen interior. Dari sini, bisa diprediksi warna aksen yang akan mencuat adalah warna-warna hangat seperti biru maupun hijau sage.

Penambahan Ruang Kerja Pada Rumah Hunian

Jika melihat kondisi pandemi yang belum selesai di banyak negara, aktivitas bekerja dari rumah (Work From Home) akan masih menjadi tren bagi sebagian besar orang. Bukan tidak mungkin jika tren ini akan terus berlanjut meski pandemi telah selesai.

Inilah alasan yang mendorong para arsitek maupun desainer interior untuk menambah dan membangun ruang kerja di dalam setiap proyek rumah yang mereka kerjakan. Hal ini tentunya akan mendukung para pekerja maupun pebisnis/pengusaha WFH, lebih senang hati untuk bekerja dari rumah.

Khusus untuk ruang kerja, Anda bisa membangunnya dengan konsep terbuka. Konsep ini dinilai cukup baik karena membuat mereka lebih fokus dan nyaman saat melakukan pekerjaaannya.

Bentuk Furnitur Besar Yang Lembut

Nuansa feminin dan lembut akan menjadi tren desain rumah modern yang populer di tahun 2022. Hal ini juga berlaku untuk beberapa titik pembangunan seperti dekorasi, arsitektur maupun bentuk furnitur.

Tren ini mungkin bukanlah hal yang baru, namun diprediksi tetap disukai oleh banyak orang. Anda akan sering melihat garis-garis tegas pada layout rumah yang diperlembut dengan furnitur tepi, berbentuk melengkung atau bulat pada rumah hunian.

Jadi, dibandingkan dengan memilih desain rumah modern yang kaku, pilihlah gaya furnitur yang berukuran besar dan lebih lembut. Jenis furnitur ini tidak hanya membuat rumah tampak lebih ramah, namun juga terlihat lebih modern layaknya rumah di masa depan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.