Apa Sih Kelebihannya, Membeli atau Membangun Rumah Sendiri?



Sepertinya sudah tidak perlu ditanya lagi, kan… Jika punya rumah sendiri telah menjadi salah satu cita-cita yang didambakan oleh banyak orang.

Tapi sayangnya, tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk membeli rumah hunian dikarenakan harga yang semakin melonjak setiap tahunnya.

Namun disisi lain, disaat memiliki uang untuk mewujudkannya, Anda dihadapkan pada pertanyaan pilihan, membeli atau membangun rumah sendiri.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satunya, tentunya Anda diharapkan memiliki pertimbangan yang matang.

Dan sebagai referensi, Sahabat bisa membaca artikel RenovAsik kali ini sebagai tambahan bahan pemikiran Anda.

Karena apa? Disini, kami akan mengulas tuntas tentang kelebihannya antara membeli dan membangun rumah sendiri. Check this out.

Membeli Rumah Jadi

Inilah cara yang paling sederhana. Dengan metode ini, Anda tidak akan direpotkan lagi dengan tetek bengek pembangunan dan biaya yang menyertainya.

Betul sekali. Anda tinggal terima jadi, mengantongi kunci rumah dan bisa langsung menikmati serta menempati rumah yang Anda bayar.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membeli rumah secara langsung dari pengembang (developer) pilihan Anda. Apa saja?

1. Bebas Biaya Pembangunan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, membeli rumah jadi adalah cara paling mudah supaya Anda bebas merdeka dari biaya pembangunan.

Anda pasti tahu, biaya pembangunan tidak bisa dibilang sedikit, mulai dari perencanaan, pembangunan, hingga finishing, semuanya memerlukan biaya.

Namun dengan membeli rumah jadi, Anda bisa langsung memboyong barang-barang, menempati dan tinggal dengan keluarga disana.

Jika Anda dan keluarga ingin memutuskan ingin segera lepas dari orang tua dan hidup mandiri, membeli rumah jadi bisa jadi pilihan tercepat.

Selain itu, membeli rumah jadi juga juga memberi kemudahan bagi Anda dan keluarga yang memiliki tujuan mandiri secara finansial.

Karena apa? Hal ini juga akan mempercepat Anda dan keluarga untuk melangkah kepada rencana atau tujuan finansial penting lainnya.

Misalnya seperti memulai bisnis, investasi, hingga mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak-anak tanpa perlu memikirkan rumah lagi.

2. Hemat Tenaga & Waktu

Umumnya, pengembang (developer) akan membangun rumah secara serentak dan tepat waktu untuk rumah yang telah terpesan atau ter-booking.

Pasalnya apa? Karena jika melewati masa waktu pembangunan, pengembang bisa mendapatkan sanksi atau penalti karena telah melanggar kontrak.

Dengan cara ini, jangka waktu pembangunan rumah dapat terukur dengan baik, tanpa harus menghabiskan tenaga dan waktu.

Hemat waktu karena membangun rumah membutuhkan jangka tempo yang tidak sebentar. Untuk tahap perencanaan saja bisa membutuhkan lebih dari tiga bulan.

Selain itu, pembangunan pun harus memperhatikan kondisi cuaca, musim penghujan akan menjadikan kurun pembangunan menjadi berjalan lebih lama.

Belum lagi hal-hal teknis seperti perencanaan desain interior, eksterior, pemilihan bahan baku, hingga sampai kepada perhitungan anggaran.

Disisi lain, pembangunan pun juga sangat bergantung pada jumlah pekerja atau tukang. Dengan membeli jadi, otomatis Anda sudah menghemat tenaga.

3. Mudahnya Perizinan

Pembangunan rumah tentu saja memerlukan perizinan, dimulai dari perizinan mendirikan bangunan, legalitas tanah, hingga sampai perpajakan.

Jika memilih untuk membeli rumah jadi, semua proses perizinan tersebut akan diurus oleh pihak pengembang atau developer.

Pembeli hanya tinggal memantau progress pembangunan rumah hingga proses serah terima kunci terjadi saat rumah sudah selesai dibangun.

Disisi lain, jika membangun rumah secara pribadi, otomatis semua perizinan harus diurus secara mandiri dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai ilustrasi saja, jika Anda membeli rumah di kawasan pinggiran Jakarta, misalnya Tangerang Selatan, setidaknya Anda membutuhkan biaya diantara Rp 750 juta sampai Rp 1,2 miliar dengan luas tanah 70 meter dan luas bangunan 90 meter atau dua lantai.

Membangun Rumah Sendiri

Jika Anda tergolong kaum yang memilih untuk membangun rumah sendiri, pilihan alternatif ini juga memberikan kita sederet keuntungan.

Terutama untuk Anda yang mendambakan memiliki rumah yang sesuai dengan hunian yang dicita-citakan selama ini.

Kelebihan lainnya, dengan membangun rumah sendiri, Anda bisa mengutamakan untuk memilih kualitas bahan baku secara pribadi.

Apa saja keuntungan mebangun rumah sendiri? Langsung simak penjelasan RenovAsik dibawah ini.

1. Bisa Menyesuaikan Bujet

Pada tahun ini, untuk membangun rumah bergaya modern saja memerlukan biaya yang tidak sedikit, mulai dari bahan baku, tukang, hingga lainnya.

Namun, ketika Anda memilih untuk membangun rumah sendiri, sebetulnya Anda bisa lebih mudah untuk menyesuaikan dana atau bujet yang tersedia.

Betul sekali. Pembangunan bisa dilakukan dan diukur sesuai dengan kemampuan finansial yang sudah ada didalam rekening Anda.

Jadi, untuk membangun rumah sendiri,  Anda layak untuk mempertimbangkan secara matang kebutuhan uang yang diperlukan dalam proses pembangunan.

Dengan cara diatas, Anda bisa meminimalisir potensi over bujet atau tertundanya pembangunan akibat kehabisan dana.

2. Desain Sesuai Keinginan

Saat ini, sudah mulai banyak orang yang mendambakan membangun rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Apapun pilihan Anda, entah itu membangun rumah mewah atau minimalis, semua menjadi keputusan Anda dan keluarga.

Inilah keuntungan kedua dari pilihan membangun rumah secara pribadi, Anda bisa menentukan hasil akhir sesuai dengan yang Anda mau.

Mulai dari bentuk bangunannya, bahan baku, interior, hingga ke seberapa banyak jumlah ruangan rumah yang diinginkan.

Dengan membangun rumah secara pribadi, semua hal bisa diatur secara manndiri ataupun dirembug bersama dengan keluarga.

Namun, tentu saja tetap harus diingat yaa, hal ini harus tetap disesuaikan dengan luas bangunan dan bujet yang tersimpan di dompet Anda.

Nah,

Sekarang sudah terbayang dong, apa aja sih yang dibutuhkan oleh Anda disaat memutuskan untuk membeli atau membangun rumah.

Tapi ingat ini, jika Anda memutuskan untuk membangun rumah, siapa yang akan Anda kontak, tentu RenovAsik, kan … Sip.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.