8 Cara Memanfaatkan Ruang & Fasilitas Gudang Secara Efektif



Anda sudah memutuskan membangun/merenovasi Gudang yang dibutuhkan oleh Perusahaan? Lalu, apa yang harus dilakukan berikutnya?

Tentu saja, pertama-tama, Anda bisa mulai dengan memahami profil penyimpanan. Memahami alur dan pemanfaatan tata letak gudang.

Hal ini pun mencakup konfigurasi rak, penerimaan, pengisian, inventarisasi, pengepakan (packing) hingga ke proses distribusi.

Lalu yang kedua, Anda bisa melihat dan mengoptimalkan fasilitas yang telah tersedia didalam Gudang.

Apa saja hal tersebut, mari Sahabat RenovAsik, kita mulai saja dari yang pertama.

1. Mengoptimalkan Tinggi Langit-Langit

Ruang lantai Gudang mungkin saja terbatas, dengan memanfaatkan ruang secara vertikal Anda bisa memperbanyak kapasitas penyimpanan.

Cobalah cek apakah tinggi langit-langit Gudang memungkinkan Anda untuk memperluas ruang secara vertikal? Jika Ya, inilah hal yang bisa dilakukan.

Untuk penyimpanan pallet, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sistem rak pallet Very Narrow Aisle (VNA), yang bisa memanjang hingga 17 meter.

Untuk penyimpanan suku cadang kecil, Anda bisa menggunakan vertical lifts, sistem modular ini bisa memanjang hingga setinggi 20 meter.

2. Memaksimalkan Lebar

Untuk memanfaatkan ruang secara efektif, tidak hanya ketinggian yang bisa  diperhatikan, Anda pun bisa mempertimbangkan tentang kelebarannya.

Jika Anda memiliki beberapa palet untuk setiap SKU, Anda bisa mempertimbangkan untuk menginstal Push Back Racking.

Sistem yang menggunakan Last In First Out (LIFO) ini bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 90% dibandingkan dengan Sistem Rak Selektif.

Ketika palet depan dilepas, palet belakang secara otomatis bergerak maju ke posisi depan. Dengan rak ini Anda bisa memanfaatkan ruang secara efektif.

3. Menambahkan Mezzanine

Salah satu cara termudah untuk menciptakan ruang extra di dalam gudang adalah dengan menambahkan mezzanine.

Satu, dua atau bahkan tiga level mezzanine akan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan ruang overhead kosong ke area penyimpanan.

Anda pun juga bisa menggunakan mezzanine ini sebagai area kerja seperti pengemasan (packing) atau pengiriman (distribution).

4. Mengonfigurasi Ulang Desain Penyimpanan

Dengan adanya perubahan produk dan campuran SKU, konfigurasi ulang pada rak tentu akan cukup diperlukan didalam gudang.

Konfigurasi sistem racking yang lama tentu tidak lagi efektif dan bisa mengakibatkan kinerja gudang menjadi kurang optimal.

Mendesain ulang gudang mungkin terlihat atau terdengar mahal, namun hal ini bisa menjadi sebuah investasi dimana perusahaan tidak akan menyesalinya.

Jika Anda tidak yakin dengan pilihan desain Gudang yang harus diambil, Anda bisa membicarakannya dengan tim RenovAsik.

5. Meninjau Lebar Lorong

Menentukan lebar Lorong adalah pertimbangan utama untuk produktivitas, pemanfaatan ruang, fleksibilitas hingga pada keselamatan kerja.

Rancanglah lebar lorong dengan ketepatan terbaik dengan peralatan penanganan material yang mumpuni, misalnya dengan penggunaan forklift.

Umumnya, Anda mungkin harus membangun beberapa penyangga untuk palet-palet yang jumlahnya cukup berlebihan,

Disisi lain, Anda pun harus mempekerjakan para pengemudi forklift yang juga telah berpengalaman atau memiliki jam terbang tinggi.

6. Mengelola Inventaris

Memahami inventaris perusahaan, dari produk yang tersedia, berapa banyak material yang melewati gudang dalam periode tertentu cukuplah penting.

Stok yang tidak terjual atau tidak terdistribusi dengan baik akan menjadi biaya yang cukup mahal bagi sebuah perusahaan.

Untuk mengelola inventaris dan menghindari overstock, Anda bisa membicarakannya dengan para staf penjualan untuk memahami bagaimana perilaku konsumen.

7. Berlatih Tepat Waktu (JIT)

Konsep JIT, merupakan upaya penerimaan barang didalam Gudang hanya ketika produk tersebut dibutuhkan.

Anda bisa meningkatkan efisiensi gudang dan mengurangi biaya pengangkutan dari persediaan barang di gudang.

Anda mungkin ingin mendiskusikan kemungkinan hal ini dengan para pemasok reguler yang menyediakan material bagi perusahaan.

8. Household Yang Tepat

Household yang tepat seringkali kerap diabaikan oleh banyak perusahaan.

Misalnya, Ketika memastikan semuanya berada di tempat dan lokasi yang tepat, maka gudang berfungsi lebih efektif dan produktif.

Ini akan jauh lebih aman, karena lebih mudah bagi Anda untuk melihat dan mengurangi resiko bahaya dari kecelakaan yang terjadi didalam gudang.

Tentu saja, disaat semuanya terjalin dengan baik, lingkungan kerja menjadi semakin aman, dan jam kerja pun menjadi efektif.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.