7 Tipe Gudang Sesuai Fungsi - Mana yang Cocok Untuk Bisnis Anda?



Didalam pengelolaan proses distribusi, keberadaan gudang akan membantu Perusahaan dalam menyimpan berbagai stok barang.

Anda pun tidak perlu langsung membayar cash, karena sekarang sudah ada sistem pembayaran pembangunan gudang dengan sistem mengangsur.

Peran Gudang Didalam Sebuah Bisnis

Peran gudang bukan hanya sekedar sebagai tempat atau lokasi untuk penyimpanan berbagai stok barang produksi atau jadi.

Pemilihan tipe gudang yang tepat bakal menentukan kualitas dan kesuksesan bisnis. Maka, Anda jangan asal dalam membangunnya.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan di gudang selain menyimpan barang? Lokasi ini bisa digunakan sebagai tempat sortir, mengolah, hingga mengemas barang.

Jadi sudah dapat dipastikan dengan tanpa adanya gudang, Anda bakal mengalami kesulitan dalam mengatur siklus produksi maupun konsumsi.

Dampaknya, pelanggan tidak akan menerima barang orderan secara tepat waktu. Dan ini bisa membuat reputasi bisnis Anda menjadi buruk.

Disisi lain, gudang juga bermanfaat bagi para entrepreneur atau para pengusaha yang mengelola bisnisnya secara musiman.

Pasalnya, disaat menjalankan jenis bisnis ini, jumlah permintaan konsumen cenderung akan terus berjalan kendati jumlah pasokan menurun.

Manfaat gudang dalam hal ini adalah menaruh stok cadangan yang bisa Perusahaan jual disaat masa-masa produksi sedang lesu. Inilah yang membuat profit perusahaan menjadi tetap stabil.

Tipe Gudang Berdasarkan Fungsi

Sekarang Sahabat RenovAsik sudah mendapat gambaran definisi tentang gudang, kan? Nah, berdasarkan fungsinya, Gudang terbagi menjadi tujuh tipe, yaitu:

1. Gudang Bahan Baku

Umumnya, sebagian besar perusahaan di banyak kota Kawasan industri memiliki minimal satu gedung untuk menyimpan bahan baku.

Mereka akan meletakkan bahan-bahan baku tersebut di lokasi Gudang ini setelah tahap produksi sudah selesai dilakukan.

Material bangunan hingga komoditas seperti karet merupakan beberapa bahan baku yang sering disimpan di tipe gudang ini.

2. Gudang Barang Setengah Jadi

Dalam hal ini, barang setengah jadi merupakan barang-barang yang masih ada dalam proses manufaktur (manufacturing).

Tetapi, biaya produksi untuk barang setengah jadi bisa menjadi lebih mahal disebabkan karena adanya proses pelabelan yang memakan waktu dan tenaga.

3. Gudang Bahan Hasil Produksi

Gudang bahan hasil produksi adalah gudang yang bisa Anda atau perusahaan pilih untuk menyimpan barang-barang hasil produksi.

Biasanya, jenis barang hasil produksi ini sudah siap untuk Perusahaan distribusikan kepada para pelanggan yang telah memesannya.

4. Gudang Pusat Sortir

Tipe gudang yang satu ini digunakan perusahaan yang menjalankan layanan jasa pengiriman dokumen maupun parsel.

Didalam prosesnya, dokumen atau parsel akan dikumpulkan di gudang untuk kemudian disortir sesuai dengan kodepos atau zona pengiriman.

Setelah penyortiran, barang-barang tersebut akan dikonsolidasikan sebelum dikirimkan ke alamat tujuan pelanggan.

5. Gudang Pusat Transit

Fungsi gudang ini hampir mirip dengan gudang sortir karena menerima barang-barang yang berdatangan dari berbagai tempat.

Selanjutnya, barang-barang tersebut akan digabungkan dan dikirimkan ke pelanggan atau diteruskan ke lokasi proses produksi lainnya.

6. Gudang Cross Docking

Jika Anda belum pernah mendengarnya, gudang yang satu ini difungsikan untuk memproses barang yang memiliki perputaran cepat.

Umumnya, barang yang disimpan di gudang cross docking akan dijual sesegera mungkin, terutama barang yang cepat kadaluwarsa-nya.

7. Gudang Kepentingan Publik

Dikenal juga sebagai gudang bulog, tipe gudang ini dikelola oleh negara untuk menyimpan pasokan atau stok beras.

Sementara gudang kepentingan publik untuk tentara bisa digunakan untuk menaruh kebutuhan bagi para korban bencana alam.

Anda butuh rekomendasi jasa pembangunan atau renovasi gudang untuk menjalankan bisnis atau usaha? RenovAsik bisa siap menjadi sahabat Anda.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.