7 Resep Membuat Teras Patio Tampil Memikat Ala Rumah Khas Dari Spanyol



Teras patio dapat menjadi pilihan bagi mereka yang sedang memiliki rencana membangun teras di rumah hunian.

Namun sayangnya, dalam merancang desain teras patio, tentu ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Salah dua yang terpenting untuk didahulukan adalah budget yang harus dikeluarkan, dan jenis furnitur yang akan digunakan.

Kenapa ini penting? Simpel saja, teras bisa dikatakan sebagai pusat rumah, dimana beberapa kegiatan juga kerap dilakukan di sini.

Patio adalah ruang semi terbuka yang juga dapat digunakan sebagai area yang tenang untuk melakukan refleksi kedalam diri.

Atau tempat healing dari tekanan aktivitas sehari-hari, bahkan juga sebagai tempat makan dan berkumpul bersama keluarga.

Inilah kenapa, mendesain teras patio memerlukan pertimbangan yang tepat. Mulai dari menentukan lokasi, pencahayaan, hingga akomodasi yang dibutuhkan.

Dan tahukah Anda, salah satu desain teras patio yang menjadi acuan dari teras patio yang populer adalah teras ala rumah khas dari Spanyol,

Jadi bagaimana, mau tahu cara mendesain teras patio? Spesial untuk Sahabat RenovAsik, inilah 7 tips mendesain teras patio agar tampil lebih memikat.

1. Buat Rancangan Tata Letak

Didalam merancang tata letak teras patio, Anda harus menentukan terlebih dahulu bagaimana teras patio nantinya akan digunakan.

Hal ini untuk memudahkan Anda dalam memilih set furnitur untuk teras patio, contohnya apakah set untuk tempat makan atau bersantai.

Anda juga bisa mempertimbangkan apakah berniat untuk menutup teras patio tersebut ataupun tidak.

Jika iya, Anda bisa merencanakan celah dan ruang antara furnitur yang berbeda dan tepi teras. Idealnya, seluas 1 meter.

Hal ini akan memberi Anda ruang bergerak yang nyaman di sekitar teras tanpa membuatnya terlihat berantakan, terutama jika teras patio dibangun bertingkat dan tidak memiliki pagar.

2. Tentukan Ukuran

Penentuan ukuran teras patio bergantung pada ukuran halaman hunian. Tapi umumnya, Anda harus menentukannya berdasar berapa banyak orang yang nantinya akan menggunakannya.

Biasanya, dalam pengukuran standarnya, sekitar 7 meter per orang. Jadi, jika jumlah keluarga di rumah ada lima orang, itu berarti ukuran teras baiknya seluas 35 meter persegi.

Cara paling sederhana untuk mendesain teras yang sesuai dengan kebutuhan adalah dengan menggambarnya sesuai skala.

3. Menciptakan Zonasi

Merencanakan zonasi yang berbeda untuk teras patio sangat penting. Seperti misalnya, jika Anda ingin membuat teras sebagai zona bersantai.

Anda bisa mengatur zona ini dengan dikelilingi pot tanaman hias atau menambahkan tempat istirahat yang dihiasi dengan lilin aromatik.

Zonasi teras mungkin kurang penting jika Anda menggunakannya secara fleksibel, tetapi untuk Anda yang berencana menjadikan teras sebagai ruangan khusus, Anda perlu mempertimbangkannya sejak awal.

4. Tentukan Letak Posisi

Terdapat tiga faktor yang akan mempengaruhi hal ini. Di antaranya, bagaimana teras akan digunakan, lokasi teras, dan kegunaan teras.

Bagaimana teras akan digunakan: misalnya, jika Anda ingin membuat teras sebagai tempat makan, lokasi yang teduh akan cocok untuk hal ini.

Namun, jika Anda lebih menyukai ruang dengan pencahayaan alami, Anda bisa menempatkan teras di tempat yang sering mendapatkan sinar matahari.

Lokasi teras: secara konvensional, teras patio biasanya berada tepat di luar pintu ke halaman belakang rumah untuk terciptanya kenyamanan.

Kegunaan teras: jika Anda yang ingin menjadikan teras patio sebagai tempat yang personal. Anda bisa menciptakan teras patio di tempat yang hening dari keramaian.

5. Memilih Material & Dekorasi

Desain teras patio mencerminkan gaya interior rumah dan material dekorasi dan eksterior yang akan digunakan untuk membangunnya.

Contohnya, jika hunian bergaya rumah modern, tentu saja bahan dan desain yang sesuai adalah dekorasi kontemporer.

Disisi lain, jika rumah berdesain tradisional, Anda juga perlu menggunakan material dekorasi yang juga bergaya tradisional. 

O ya, sangat disarankan untuk menggunakan porselen untuk teras patio karena sudah tersedia dalam berbagai warna dan perawatannya yang mudah.

6. Menambahkan Tanaman

Kantong atau bag tanaman di sekitar tepi teras atau sebagai pembagi zonasi dapat membuat desain teras patio menjadi lebih menarik.

Anda bisa mengambil inspirasi dari ide halaman yang sudah ada dan memilih skema penanaman untuk teras patio ini.

Pertimbangkan beberapa tanaman hias yang dapat menonjolkan ruang teras patio untuk menciptakan desain teras yang lebih bergaya.

Selain itu, pengharum ruangan juga merupakan elemen penting saat mendesain teras patio untuk mengoptimalkan dan memperkuat karakter ruang.

7. Fitur Kolam Air Mancur

Menambahkan fitur air ke dalam desain teras patio berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih personal dan tenang.

Saat ini, Fitur air sangat diminati, terutama sebagai titik fokus, karena suara air yang mengalir akan mengubah taman menjadi ruang yang tenang.

Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan fitur air seperti kolam air mancur ke dalam desain teras patio di rumah Anda.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.