7 Hal Yang Mesti Kamu Hindari Saat Membeli Rumah Biar Gak Rugi 2 Kali



Mestinya semua sudah pada tahu yaa, jika rumah adalah kebutuhan primer bagi setiap keluarga, tetapi tidak semua orang bisa mempunyainya.

Berbagai upaya keuangan dilakukan mereka supaya bisa membelinya, mulai dari menabung, berhemat hingga memperbesar nilai pendapatan.

Namun, membeli rumah bukan semata-mata soal uang, namun juga kemampuan untuk melihat berbagai kelebihan dan keuntungannya.

Nah, untuk Kamu yang ingin segera memiliki rumah pertama, tentu haruslah mempertimbangkan berbagai aspek yang menyertainya.

Oleh sebab itu, kali ini RenovAsik akan merangkum 7 hal yang mesti Kamu hindari saat ingin membeli rumah biar gak rugi 2 kali.

1. Mengabaikan Kondisi Rumah

Ketika Kamu ingin membeli rumah, jangan abaikan pemeriksaan unit hunian yang akan Kamu beli, sekecil apa pun itu.

Untuk melindungi hak pembeli, pengecekan rumah sangat penting dilakukan untuk menunjukkan tentang potensi masalah yang bisa muncul.

Contohnya, problema kerusakan kecil seperti cat tembok yang terkelupas hingga masalah besar pada struktur bangunan utama.

Tanpa pemeriksaan mendetail, hunian yang Anda beli beresiko terhadap kerusakan seperti mudahnya atap runtuh, instalasi listrik yang rusak dan lain sebagainya.

2. Tergiur Dengan Harga Murah

Kedua, disaat berniat membeli rumah, Kamu sebagai pembeli tentulah harus bersikap atau berlaku rasional.

Jangan mudah tergoda dengan apa yang terlihat di permukaan, misalnya harga rumah yang murah atau jauh di bawah rata-rata.

Apa pasalnya? Semurah apa pun hunian yang ditawarkan, bila ia memiliki segudang masalah tentu akan membuat pembengkakan dalam biaya perbaikan.

3. Tidak Memeriksa Lingkungan Sekitar

Selanjutnya, disaat membeli rumah baru, Kamu perlu memikirkan lebih dari sekedar hunian yang ingin ditempati.

Misal, Kamu layak untuk mempertimbangkan tentang bagaimana lingkungan sekitar, dan memastikan bahwa tempat tersebut adalah lokasi yang tepat.

Pastikan semua sudah mendekati harapan, mulai dari jarak tempuh perjalanan, fasilitas, polusi suara hingga sifat dan sikap para tetangga.

Saran terbaik RenovAsik, habiskan waktu untuk datang di lingkungan pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk melihat bagaimana kondisi lingkungan sekitar.

4. Tidak Check & Recheck Infrastruktur Pendukung

Kemudian, cobalah Kamu memeriksa bagaimana tentang infrastruktur pendukung yang terdapat di lokasi hunian yang akan Anda tempati.

Mulai dari ketersediaan listrik, air, atau bahkan jaringan internetnya. Saat men-survei lokasi contohnya, pastikan bahwa semua infrastruktur itu telah tersedia.

Sebab apa? Sekarang, banyak perumahan murah yang dibangun di area kosong. Padahal pipa air belum terpasang, sinyal telpon yang buruk hingga tidak adanya fasilitas internet.

5. Tidak Memeriksa Ketersediaan Fasilitas Publik

Kelima, periksa juga apakah hunian yang ingin Kamu tempati ini berlokasi di tempat yang strategis, alias dekat dengan fasilitas publik.

Setidaknya, pastikan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan Kamu sehari-hari tersedia, contohnya pasar, supermarket, sekolah, rumah sakit dan yang lainnya.

Cara termudahnya, Kamu bisa buka aplikasi Google Map untuk melihat fasilitas umum apa saja yang terdapat di sekitar rumah yang ingin dibeli.

6. Mengacuhkan Potensi Bencana

Umumnya, bencana-bencana yang biasa terjadi di Indonesia adalah seperti banjir, gempa bumi hingga tanah longsor.

Karena itu, periksa pula apakah lokasi hunian yang ingin Kamu beli itu berada di lokasi yang rawan bencana atau tidak.

Pengecekan ini juga tidak kalah penting, dilakukan supaya rumah bisa selalu awet, tahan lama serta selalu dalam kondisi yang baik.

7. Mempekerjakan Agen Yang Salah

Biasanya, para pembeli rumah yang tidak ingin kerepotan memeriksa unit hunian akan memercayakan semuanya kepada agen real estate.

Keberadaan jasa agen real estate ini berguna dalam membantu memberikan saran dan masukan tentang rumah mana yang tepat untuk dibeli.

Tapi, mempekerjakan agen real estate tentu tidak bisa asal dan sembarangan. Melainkan mereka yang telah memiliki pengalaman & track record yang tinggi.

Selalu pastikan bahwa mereka telah terdaftar secara resmi, dan Kamu telah merasa nyaman untuk bekerjasama dengan mereka.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.