7 Aturan Sederhana Yang Bikin Ruang Kecil Jadi Tidak Terasa Membosankan



Rumah hunian, baik yang minimalis hingga yang mewah megah pastilah memiliki berbagai ruang didalamnya, mulai dari yang besar hingga yang kecil.

Untuk ruangan yang berukuran kecil sendiri, dekorasi yang sering di referensikan adalah penggunaan warna netral seperti putih, furnitur mungil sampai ke dinding yang polos tanpa aksesori.

Padahal nih, dengan beberapa cara yang tepat, Sahabat bisa memilih dekorasi yang lebih FUN untuk diaplikasikan pada ruangan ini.

Dengan hal tersebut, pastinya lokasi tempat itu pun bisa menjadi terlihat lebih menawan saat dipandang oleh mata.

Oleh karena, pada artikel kali ini, Renovasik telah merangkum tujuh aturan sederhana yang bisa diaplikasikan agar ruangan berukuran kecil dirumah Anda menjadi tidak terasa membosankan.

1. Menggunakan Perabotan Besar

Apakah Anda tahu, menggunakan banyak furnitur berukuran kecil hanya justru membuat ruangan menjadi terasa semakin sempit?

Jadi, alih-alih menggunakan banyak furnitur berukuran kecil, perabotan besar justru bisa menambah daya pikat ke dalam ruangan yang mungil.

Tipsnya, Anda bisa menggunakanlah satu furnitur berukuran besar sehingga tampilan ruangan menjadi lebih seimbang.

2. Memajang Karya Seni

Mempunyai ruang kecil bukan berarti Anda tidak bisa melakukan eksperimen disana. Mulai beranilah untuk memajang berbagai karya seni seperti lukisan, barang-barang antik, maupun koleksi di ruangan tersebut.

Anda pun dapat mendekorasi ruang kecil tersebut dengan warna favorit. Namun, pastikan warna yang Anda pilih tetap seimbang didalam ruangan. Contohnya, dengan menggunakan warna lembut pada dinding.

Saran RenovAsik, pilihlah furnitur bernuansa alam supaya Anda mudah dalam memadupadankannya dengan pajangan karya seni yang Anda miliki.

3. Cat Plafon Dengan Warna Cerah

Plafon atau langit-langit yang bernuansa gelap bisa menjadikan ruangan berdinding warna putih terlihat menjadi lebih hidup.

Namun, meski demikian, Anda pun tetap bisa menggunakan warna terang untuk membuat ruangan menjadi terasa lebih cerah dan berwarna.

4. Menggelar Karpet atau Permadani

Apakah Sahabat disini menyadari, bahwa jika dilakukan dengan tepat, karpet bisa menciptakan suasana yang berbeda pada ruang berukuran kecil? Yes benar.

Disini, Anda dapat menggunakan karpet yang berukuran besar untuk memenuhi seluruh lantai pada ruangan untuk menjadikannya tampil menawan.

5. Buat Dinding Bertema Gelap

Jika ada Sahabat disini yang ingin memiliki dinding bertema gelap, Anda bisa mengaplikasikan tema ini pada ruang dapur.

Anda dapat menggunakan dinding berwarna gelap pada ruang dapur yang dipadupadankan dengan kabinet berwarna terang yang kontras.

Contohnya, jika Anda menggunakan warna hitam pada dinding, hal ini harus  diimbangi dengan plafon atau kitchen set berwana putih.

Apa alasannya? Cat putih akan menciptakan ilusi yang bagus pada dinding yang bernuansa gelap.

6. Manfaatkan Perabotan Ruang Makan Yang Serasi

Set ruang makan yang serasi memang akan menjadikan ruang makan menjadi terlihat semakin indah, namun Anda pun bisa membuatnya menjadi lebih bergaya dengan set ruang makan yang unik.

Pastikan kursi makan yang dipilih mempunyai ketinggian yang tepat dan sesuai untuk meja hidangan yang Anda gunakan.

Untuk membuat ruang tampil dengan gaya kontemporer, Sahabat dapat menggunakan kursi yang sama, namun dengan warna yang berbeda.

7. Mengoptimalkan Pencahayaan

Selain dengan pencahayaan alami, lampu di langit-langit yang tersembunyi bisa meningkatkan nuansa ruang berukuran kecil menjadi tampil lebih menawan.

Triknya, Anda bisa Menggunakan lampu yang tepat untuk setiap titik pada ruangan kecil di rumah hunian Anda.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.