6 Tips Untuk Memilih Sofa Supaya Sesuai Dengan Ruang Tamu Atau Keluarga



Umumnya, sofa adalah salah satu furnitur utama yang biasanya ditempatkan dalam ruang tamu ataupun ruang keluarga.

Kerapkali, sofa terlihat berupa kursi panjang yang mempunyai sandaran dan lengan, berlapis busa yang empuk serta dilapisi oleh kulit atau kain.

Sofa sendiri berasal dari kata sopha yang mempunyai arti tempat duduk yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur.

Namun Kamu pastinya sudah tahu yaa, jika harga sebuah sofa tidaklah murah. Anda mesti memiliki pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk membelinya.

Saat Anda memutuskan untuk membelinya, Anda bisa ikuti enam tips ala RenovAsik ini untuk memilih sofa supaya sesuai dengan ruang tamu atau keluarga.

Menyesuaikan Ukuran Sofa

Tips untuk memilih sofa yang pertama adalah, tentu saja menyesuaikan ukuran sofa, meja maupun kursi pendampingnya dengan besar ruangan dimana ia akan ditempatkan.

Untuk menjadi perhatian, jangan sampai area ruangan justru menjadi semakin sempit dan susah untuk berlalu-lalang. Hal ini sangat berlaku, terlebih lagi jika Anda memiliki anak balita.

Memilih Bentuk Sofa

Selain ukuran, perhatikan juga bentuk sofa. Disaat Anda duduk, telapak kaki haruslah bisa menjejak lantai dan tidak menggantung.

Cermati “kedalaman” sofa, ia haruslah cukup untuk menampung seluruh badan disaat orang-orang duduk.

Jika sofa mempunyai bagian untuk meletakkan lengan, pilihlah bagian lengan yang memiliki ketinggian cukup supaya orang yang duduk tetap merasa nyaman.

Begitu juga dengan posisi punggung sofa, janganlah memilih yang berbentuk terlalu tegak atau miring.

Memperhatikan Tinggi Sandaran Sofa

Ketiga, perhatikan juga ketinggian dari sandaran sofa. Apakah ia terlalu kerendahan atau ketinggian? Janganlah ukuran ketinggian mengganggu keserasian dalam ruangan.

Pun, jangan sampai ketinggian Sofa mengganggu pandangan Anda saat ingin menikmati pernak pernik dekorasi lain dalam ruangan seperti lukisan, patung ataupun lampu-lampu.

Mempertimbangkan Bahan Pelapis Sofa

Cukup banyak dan beragam bahan pelapis sofa yang tersedia di pasaran, mulai dari katun, denim, kanvas, polyester, kulit sintetis, sutra, beludru maupun kulit.

Dan layak untuk Sahabat ketahui, semua bahan diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, Anda layak untuk mempertimbangkannya…

Bahan dari kulit misalnya, asal dirawat dengan benar, bisa awet selama puluhan tahun. Atau bahan dari kain katun yang memiliki kelebihan beragam corak yang cantik, namun mudah robek.

Jika Anda memiliki ruangan dingin ber-AC? Maka sofa berbahan kulit pasti lebih cocok untuk ruangan yang sejuk ini.

Memilih Warna Sofa Yang Tepat

Warna, juga adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan disaat Sahabat memilih sofa yang tepat.

Untuk ruangan formal, Anda bisa memilih sofa dengan warna yang senada dengan ruangan, atau bisa juga dengan memilih warna-warna netral.

Sedangkan untuk ruangan non formal, Anda bisa memilih Sofa dengan warna kontras yang mencolok sebagai aksennya.

Menyesuaikan Dengan Dekorasi Ruang

Sesuaikanlah sofa dengan pilihan gaya dekorasi ruang secara menyeluruh. Sesuai dengan fungsinya.

Jika diletakkan pada ruang tamu yang formal, pilihlah sofa yang tidak terlalu empuk, sebab bisa menyebabkan tamu yang duduk merasa susah bangun karena sudah “tenggelam” dalam sofa.

Disisi lain, untuk ruang keluarga, Anda bisa memilih sofa yang tidak bergaya formal, memiliki bantal empuk yang bisa membuat nyaman saat beristirahat.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.