6 Tips Membuat Ruang Tamu Jadi Terasa Membahagiakan Disaat Kumpul Saat Lebaran



Berkumpul bersama anggota keluarga adalah aktivitas utama yang umum dilakukan pada saat Lebaran atau Idul Fitri.

Pada saat ini, sanak keluarga dari berbagai kota mudik, alias pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan saudara.

Umumnya, rumah orang tua atau orang yang dituakan dalam keluarga akan menjadi lokasi utama dimana mereka berkumpul.

Dan pastinya Anda sudah tahu, area rumah yang kerapkali dijadikan untuk tempat berkumpul bersama sanak saudara adalah ruang tamu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menata dan mempersiapkan ruang tamu atau ruang keluarga ini supaya terlihat nyaman dan membahagiakan.

Sahabat, berikut 6 tips yang telah RenovAsik rangkum dari berbagai sumber yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya,

1. Menata Ulang Barang

Pertama-tama, untuk merapihkan ruang tamu, Anda bisa mulai dengan menata ulang semua barang yang diletakkan di lokasi.

Tata ulang letak atau posisi dari barang-barang seperti meja, rak, lemari, televisi, sofa, karpet dan yang lainnya di area ini.

Umumnya, ruang tamu yang lama tidak ditata dan dirapihkan membuat furnitur maupun perabotan bergeser dari tempatnya.

Selain itu, akan banyak barang yang menumpuk hingga membuat ruang tamu berantakan layaknya kapal pecah. Menata ulang adalah solusi terbaik.

2. Memindahkan Furnitur Besar

Setelah itu, Anda bisa memindahkan furnitur berukuran besar dari ruangan seperti sofa, lemari dan yang lain sebagainya.

Dengan cara ini, Anda tentu sudah membuat perubahan yang signifikan pada ruang tamu yang sering menjadi tempat berkumpul ini.

Karena apa, semakin banyak furnitur besar di ruangan justru malah akan membuat ruang tamu menjadi terasa sempit dan sumpek.

Sebaliknya, hanya dengan menggunakan beberapa furnitur berukuran mungil saja akan membuat ruang tamu semakin luas, lega dan nyaman.

3. Merapikan Kabel Yang Berantakan

Jika ruang tamu atau keluarga juga menjadi ruang untuk menonton dan bekerja, kemungkinan besarnya akan ada banyak kabel peralatan elektronik.

Kabel peralatan elektronik yang tidak terawat bisa menjadi kusut, berdebu, berantakan dan tidak layak dipandang oleh mata.

Anda mungkin sudah terbiasa melihat kondisi tersebut, namun tumpukan kabel ini benar-benar akan membuat ruangan terlihat tidak teratur.

Solusinya, ada berbagai sistem manajemen kabel yang bisa Anda aplikasikan untuk menutupi kabel tersebut sehingga membuat ruang terlihat rapi dan teratur.

4. Memastikan Lantai Tetap Bersih dan Rapi

Hal yang keempat yang bisa Anda lakukan adalah, pastikan bahwa lantai pada ruang tamu tetap dalam kondisi yang bersih dan rapi.

Selain tidak membiarkan barang-barang berserakan, ruang tamu juga harus dibersihkan dan dipel terlebih dahulu supaya nyaman ditempati.

Tidak hanya itu, jika dirasa diperlukan, lapisi juga lantai ruang tamu dengan karpet yang tebal supaya orang merasa nyaman saat duduk dibawah.

Pada saat keluarga berkumpul, biasanya akan ada banyak anak kecil kesana kemari. Keberadaan karpet ini akan melindungi mereka disaat bermain.

5. Cat Dinding & Pencahayaan Terang

Selanjutnya, warna cat dinding dan pencahayaan menjadi salah satu elemen penting yang harus Anda perhatikan pada ruang tamu.

Disini, Anda bisa memilih warna cat dan lampu yang memancarkan terang sehingga memberikan efek lebih luas pada ruangan.

Dengan hal ini saja, semua perabotan diruangan akan terlihat jelas dan aktivitas orang di ruangan ini juga menjadi lebih terakomodasi.

6. Menambahkan Elemen Dekorasi

Yang terakhir, setelah ruang tamu terlihat rapih dan bersih, jangan lupa untuk menambahkan elemen dekorasi agar ruang tampak lebih indah.

Anda bisa memasang dekorasi seperti lukisan, atau pot bunga di beberapa sudut ruangan. Selain membawa keindahan, bisa membawa dampak positif bagi sekitar.

Nah, sudah siap menyambut hari Lebaran?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.