6 Kiat Tepat Dalam Memilih Furnitur Untuk Mempercantik Apartemen Studio



Memilih furnitur dengan tepat bisa membuat suasana Apartemen menjadi terlihat lebih cantik dan menawan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempertimbangkan beberapa hal disaat Anda ingin membeli dan memajangnya di apartemen yang Anda huni. 

Yes, terutama bagi Anda penghuni Apartemen Studio, memilih furnitur tentu membutuhkan banyak pertimbangan, dari sekian banyak pilihan, Anda harus dapat memilih yang sesuai kebutuhan dan ukuran Apartemen Studio.

Tidak hanya itu, memilih furnitur yang tepat untuk Apartemen Studio pun harus memperhatikan fungsinya... Sebisa mungkin belilah furnitur yang memiliki fungsi ganda, hal ini dilakukan supaya Apartemen menjadi lebih hemat ruang.

Lalu bagaimana tips dalam memilih furnitur yang tepat? Berikut 6 kiat yang telah Renovasik rangkum dari berbagai sumber laman web design interior yang tersebar di Internet:

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tidak hanya sekedar memenuhi keinginan untuk membuat ruangan tampil lebih cantik menawan, memilih furnitur tentulah juga harus sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, janganlah membeli furnitur berharga tinggi, namun tidak memiliki manfaat sama sekali.

2. Perhitungkan Ukuran Furnitur

Jika diposisikan secara tepat, furnitur berukuran besar bisa membuat ruang apartemen menjadi terasa lebih besar. Dilain pihak, menempatkan furnitur kecil justru bisa semakin mempersempit ruangan.

Untuk alasan ini, perhitungkan dimana Anda akan menempatkan furnitur yang akan Anda beli. Apakah di sudut atau tengah ruangan? Pilihlah dengan bijak.

3. Pemilihan Bentuk & Ukuran Yang Variatif

Supaya isi didalam ruangan terlihat seimbang, alangkah baiknya membeli beragam furnitur dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda.

Contohnya, jika Anda memiliki lampu dan cermin bundar, Anda bisa menggunakan meja kopi berbentuk persegi panjang yang dipadukan dengan permadani yang memiliki pola unik.

4. Memilih Motif Yang Tepat

Meskipun telah memiliki furnitur dengan bentuk yang variatif, Anda harus tetap menghindari untuk menggunakan pola atau motif yang terlalu rumit.

Contohnya, jika Anda mengkombinasikan kursi berukiran rumit dengan karpet bermotif abstrak, hal ini justru akan membuat ruangan menjadi terasa lebih penuh dan sesak.

Sebaliknya, jika kursi memiliki motif yang rumit, Anda bisa menggunakan karpet atau permadani dengan pola sederhana berwarna senada.

5. Pilih Material Yang Tahan Lama  

Anda dapat melakukan riset kecil tentang bahan pembuatan furnitur. Dengan demikian Anda dapat memilih bahan yang bersifat tahan lama, contohnya seperti kayu, bahan material furnitur ini mempunyai daya tahan yang kuat.

Tidak hanya itu, kayu juga membuat ruangan menjadi terlihat lebih alami. Selain material, pastikan Anda juga melakukan cek dan ricek bagaimana kualitas kain dan finishing-nya.

6. Gunakan Warna Lembut & Terang

Terakhir dan tidak kalah penting, warna tentunya juga menjadi salah satu elemen utama dalam memilih furnitur. Jika Anda adalah seorang pencinta alam, tentunya Anda juga akan menggunakan warna-warna yang lembut kan?

Janganlah takut untuk memilih warna terang seperti merah, oranye maupun kuning. Anda cukup menaruh satu furnitur dengan warna terang agar ruang apartemen menjadi terlihat lebih fresh.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.