6 Kegiatan Operasional Gudang Yang Harus Diketahui Para Pelaku Bisnis



Sahabat, tahukah Anda didalam operasional gudang terdapat enam kegiatan yang menjadi faktor penentu berjalannya sebuah bisnis?

Dengan memahami keenam-enamnya, Anda bisa menentukan langkah-langkah penting dalam mengoptimalkan sistem operasional gudang.

Selain itu, Anda pun dapat menentukan tipe dan desain Gudang seperti apa yang dibutuhkan oleh bisnis yang sedang berjalan.

Jadi, apa saja keenam kegiatan operasional gudang tersebut? Langsung saja, simak ulasan RenovAsik berikut ini, ya!

1. Penerimaan

Penerimaan merupakan kegiatan gudang yang paling pertama dan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam sebuah bisnis.

Proses penerimaan yang tepat menuntut gudang dalam melakukan verifikasi bahwa barang yang masuk adalah benar barang yang dipesan.

Mulai dari kondisi barang yang baik, jumlah pesanan yang sesuai maupun masuknya barang yang sesuai dengan jadwal waktu yang ditentukan.

Apabila kegiatan penerimaan ini terkendala, efeknya bisa terasa ke seluruh aktivitas bisnis, baik itu manufaktur, perdagangan maupun distribusi.

2. Penyisihan

Proses kedua yang ada didalam sistem operasional gudang adalah kegiatan penyisihan (put-away) dari barang produksi.

Didalam proses ini, barang yang telah diterima akan dilanjutkan ke lokasi gudang yang telah ditentukan ataupun ke lokasi yang paling optimal.

Barang perlu disisihkan secara tepat demi memaksimalkan efisiensi dalam penyimpanan dan penghematan waktu proses pemindahan.

Disisi lain, proses penyisihan akan menjamin keamanan staf gudang maupun barang, serta mengoptimalkan penggunaan ruang gudang.

3. Penyimpanan

Kegiatan yang ketiga ini merupakan proses yang paling identik dengan kegiatan operasional gudang, yaitu penyimpanan.

Penyimpanan adalah sebuah proses di mana barang akan ditempatkan pada ruang penyimpanan yang paling tepat dan sesuai.

Jika dilakukan dengan benar, proses penyimpanan akan berguna dalam memaksimalkan ruangan yang tersedia.

Selain itu, dengan kegiatan penyimpanan yang tepat, perusahaan akan meningkatkan efisiensi dari para tenaga kerja atau admin gudang.

4. Pengambilan

Pengambilan merupakan proses kegiatan gudang di mana barang diambil dan dikumpulkan untuk memenuhi orderan pelanggan.

Jika dibandingkan dengan kegiatan lainnya, pengambilan adalah kegiatan yang paling memakan banyak biaya operasional.

Oleh sebab itu, dibutuhkan akurasi supaya barang yang diambil, dikemas maupun dikirim ke pelanggan kelaknya benar-benar sesuai dengan order.

Jika pelanggan menerima barang yang salah, maka tingkat kepuasannya tentu akan berkurang secara drastis, bukan?

5. Pengemasan

Sahabat RenovAsik, didalam proses pengemasan, barang yang diambil berdasarkan order akan siapkan supaya bisa dikirimkan kepada pelanggan.

Salah satu prioritas utama dalam pengemasan adalah memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada barang setelah meninggalkan area gudang.

Di samping itu, selain aman, pengemasan barang juga haruslah cukup ringan supaya tidak menambah bobot atau berat barang.

6. Pengiriman

Didalam sistem operasional gudang, pengiriman adalah proses terakhir dan menandai awal dari perjalanan barang menuju ketangan pelanggan.

Kegiatan pengiriman akan dianggap berhasil jika barang yang disortir dan diangkut ke moda transportasi adalah barang yang sesuai permintaan.

Kemudian, barulah barang diantar ke pelanggan dengan alat transportasi yang disepakati serta diantar dalam kondisi yang aman dan tepat waktu.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.