6 Cara Praktis Memaksimalkan Gudang Supaya Bisnis Berjalan Dengan Lancar



Apakah Anda sedang mencari referensi seperti apa gudang yang optimal untuk mendukung sebuah bisnis dan usaha?

Selain mengetahui karakter gudang yang sesuai, Anda juga harus memahami tentang bagaimana sistem gudang yang akan diaplikasikan.

Dengan menguasai manajemen gudang ini, Anda bakal lebih mudah dalam mengatur siklus produksi sekaligus memajukan bisnis.

Basic-nya, sistem manajemen gudang akan mengajarkan Anda untuk mengatur tata letak, perawatan peralatan sampai dengan pemeriksaan barang.

Nah, supaya manajemen atau pengelolaannya tetap terjaga, Sahabat RenovAsik bisa melakukan cara-cara praktis dibawah ini.

1. Memisahkan Barang Sesuai Permintaan

Dalam kegiatan operasional, Anda akan menemukan barang produksi yang permintaannya lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Nah, dalam sistem pergudangan, alangkahbaiknya kedua jenis barang tersebut dipisahkan sehingga tidak menimbulkan keterlambatan pengiriman.

Sebagai contoh, Anda bisa menaruh barang terlaris di rak bagian depan dan dekat dengan area packing untuk memudahkan proses distribusi.

2. Menjaga Kerapian Tata Letak Gudang

Kerapian tata letak gudang menjadi hal penting selanjutnya yang akan kita bahas dalam sistem manajemen pergudangan.

Anda pasti sudah tahu bukan, jika gudang yang berantakan akan mengacaukan operasional dan menurunkan performa bisnis.

Kerapian ruangan akan membantu Anda dalam menata barang dan peralatan sehingga memudahkan setiap proses kegiatan distribusi.

3. Meningkatkan Sistem Keamanan Gudang

Langkah berikutnya yang akan membantu Anda dalam mengoptimalkan sistem gudang adalah dengan meningkatkan sistem keamanannya.

Dan, salah satu cara termudah dan memenuhi standar keamanan adalah dengan memasang kamera CCTV di titik-titik rawan gudang.

Lalu kemudian, berikan akses kepada pihak yang bisa dipercaya dan bertanggungjawab dalam melakukan monitoring atau pengawasan gudang.

4. Memilih Metode Efisien Dalam Pengambilan Barang

Sahabat RenovAsik, Anda bisa memilih metode pengambilan barang apapun dan dimanapun asalkan sesuai dengan bisnis dan sistem manajemen gudang.

Ada begitu banyak metode yang digunakan perusahaan maupun pebisnis, antara lain zone picking, batch picking, cluster picking maupun wave picking.

Untuk menemukan yang efisien, pertimbangkan berdasarkan jumlah pesanan dari pelanggan, tata letak, luas gudang sampai dengan kebijakan perusahaan.

5. Memanfaatkan Software Manajemen Gudang

Di era teknologi seperti saat ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti software yang dikhususkan dalam melakukan manajemen gudang.

Seperti layaknya program komputer lainnya, software ini akan membantu Anda dalam mengumpulkan data secara langsung atau real-time.

Selain itu, software ini akan membantu perusahaan dalam pengalokasian barang, merekap jumlah pesanan, sampai dengan membuat laporan secara akurat.

6. Menganalisis Performa Manajemen Gudang

Langkah berikutnya yang bisa Anda aplikasikan dalam cara mengoptimalkan sistem gudang adalah menganalisis performa manajemen gudang.

Tinjaulah ulang setiap aktivitas yang berlangsung didalam Gudang dengan platform atau software yang perusahaan gunakan.

Setelah mendapat informasi yang diperlukan, Anda bisa menyusun strategi baru untuk meningkatkan produktivitas.

Disisi lain, Anda pun bakal lebih mudah menghentikan produksi barang tertentu yang dianggap kurang menguntungkan perusahaan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.