6 Cara Gampang Untuk Membuat Lantai Teraso Sendiri di Rumah



Lantai teraso adalah material komposit yang terbuat dari sejumlah material baku, misalnya seperti marmer, granit dan batu alam.

Tidak cuma punya corak yang unik atau khas, lantai yang satu ini bisa membuat atmosfer ruangan menjadi terasa lebih adem dan sejuk.

Pada mulanya, lantai teraso hanya memiliki motif yang begitu standar, variasi pun hanya dari warna dasar, seperti putih, abu-abu dan krem.

Namun, seiring dengan tren yang semakin berkembang, pilihan motif teraso untuk keperluan desain interior pun menjadi semakin beragam.

Selain sebagai pelapis lantai, para arsitek dan desainer juga kerap mengaplikasikan teraso sebagai pelapis dinding, wastafel dan bahkan kitchen countertop.

Diera digital yang serbacanggih dan praktis seperti saat ini, pembuatan lantai teraso pun juga semakin berkembang dan berinovasi.

Kalau dulu, lantai teraso dicetak dan diproduksi hanya oleh pabrik. Kini, produsen telah mengembangkan inovasi produk teraso cor instan.

Teraso cor instan ini, umumnya dikemas didalam simple bag. Harga jualnya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 215.000 per karungnya.

Ini artinya, para pemilik atau penghuni rumah seperti Anda, sekarang bisa membuat lantai teraso sendiri di rumah kalian masing-masing.

Lalu, bagaimana cara membuat lantai teraso cor dengan produk instan ini? Mudah kok. Inilah tahapan yang harus Anda lakukan.

Pertama-tama, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu satu karung teraso cor instan (45 kilogram), semen putih (12 kilogram), jidar aluminium, benang, paku, palu, ember dan spons.

Kedua, persiapkan area yang akan Anda aplikasikan dengan teraso cor instan ini. Bersihkan permukaan area dari kotoran seperti debu, minyak dan noda yang bisa merusak kualitas teraso. Setelahnya, terapkan cairan bonding agent. Cairan ini berfungsi merekatkan teraso dan beton.

Ketiga, Campurkan satu karung kemasan teraso cor instan dengan 12 kilogram semen putih. Aduklah hingga kering dan merata, umumnya sekitar 15 sampai 20 menitan. Lalu, tambahkan air secukupnya dan aduk basah hingga merata selama 15 hingga 20 menit lagi.

Keempat, tuang adukan dan ratakan dengan menggunakan jidar berketebalan 3 cm. Tekan adukan dengan raskam kayu hingga merata. Untuk mendapatkan permukaan yang rata, tunggu hingga setengah kering. Lalu, gunakan roll cat (paint roller) yang telah dibasahi untuk membuang bagian yang halus hingga tekstur di bawahnya mulai terlihat.

Kelima, bersihkan permukaan dengan menggunakan spons. Diamkan sampai menjadi kering, biasanya, kurang lebih satu hari. Namun, untuk mendapatkan permukaan teraso yang licin, Anda bisa mendiamkannya selama 7 hingga 10 hari. Lalu, poles permukaannya dengan menggunakan mesin buffing.

Keenam, bersihkan lantai teraso sebelum Anda menambahkan cairan coating supaya lantai terlihat lebih mengilap dan terlindung dari rembesan air dan noda yang membandel.

Nah, inilah enam cara gampang membuat lantai teraso cor yang bisa Sahabat RenovAsik aplikasikan secara mandiri di rumah.

Berminat membuat lantai teraso cor sendiri? Yuk mari.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.