6 Cara Cerdas Buat Hunian Tetap Sejuk Tanpa Air Conditioner (AC)



Umumnya, penggunaan Air Conditioner (AC) untuk mengusir cuaca panas di kota besar sudah menjadi hal yang biasa.

Terlebih lagi bagi orang yang tinggal di Jabodetabek yang suasananya gerah, pendingin ruang seperti AC adalah sebuah item wajib.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli AC, dan AC bisa menjadikan tagihan listrik membengkak serta berdampak pada pemanasan global.

Namun, Sahabat RenovAsik jangan khawatir, Kamu masih bisa menjadikan rumah sejuk alami dengan mengaplikasikan cara-cara dibawah ini.

Langsung saja, dilansir dari laman web Apartment Theraphy, inilah enam cara cerdas buat hunian tetap sejuk tanpa Air Conditioner (AC).

1. Ventilasi Silang

Supaya rumah tetap sejuk, cara pertama yang bisa dilakukan oleh Sahabat adalah memasang ventilasi silang di rumah hunian.

Buat Kamu yang belum tahu, ventilasi silang adalah dua ventilasi yang saling berhadapan yang di tempatkan didalam suatu ruang.

Adanya ventilasi silang ini akan membuat atau mempermudah aliran udara yang keluar masuk rumah hunian dan menjadikannya semakin lancar.

Udara yang masuk dari ventilasi yang satu akan terdorong keluar melalui ventilasi lainnya dengan lebih cepat, sehingga pertukaran udara dapat dilakukan secara efektif.

2. Atap Terang dan Plafon Tinggi

Mempunyai atap dan plafon rumah yang tinggi tidak hanya membuat hunian terlihat luas dan megah. Namun, juga bisa membuat rumah tetap sejuk.

Disisi lain, atap yang bernuansa terang pun bisa menghalangi panas yang berlebih masuk kedalam rumah dengan jumlah yang lebih banyak.

Hal ini disebabkan warna terang, seperti putih misalnya, memiliki kemampuan refleksi yang baik dan menyerap panas lebih sedikit jika dibandingkan warna gelap.

3. Overhang

Overhang merupakan tepi atap yang di-install dipintu atau jendela, fungsinya pun mirip dengan yang lainnya, yaitu untuk melindungi hunian dari cuaca panas yang berlebih.

Di negara yang mempunyai musim dingin, installasi overhang yang tepat membuat matahari musim dingin masuk ke dalam rumah, namun ia juga bisa menaungi jendela dari panasnya musim panas.

4. Transom

Transom adalah jendela kecil yang dipasang di atas pintu atau jendela. Ini merupakan trik lama dan tertua untuk memiliki hunian yang sejuk.

Sambil tetap membiarkan pintu atau jendela tertutup, Transom membuat cahaya dan aliran udara masuk ke dalam rumah hunian dengan mudah.

5. Whole House Fan

Whole house fan atau kipas angin untuk seluruh rumah merupakan kipas angin yang umumnya dipasang di loteng rumah hunian.

Installasi whole house fan adalah cara termudah dan terjangkau untuk menghilangkan hawa panas dari hunian yang Kamu miliki.

Cara kerja alat ini adalah dengan menarik udara melalui jendela yang terbuka, kemudian mendorongnya keluar lewat atas loteng.

Bukalah semua jendela dan pintu, kemudian nyalakan whole house fan selama beberapa menit supaya rumah kembali menjadi segar.

6. Kipas Angin Gantung

Terakhir, pasang kipas angin gantung. Installasi-nya cukup mudah dan terjangkau. Fungsinya pun tak kalah dalam mensirkulasi udara dalam ruangan.

Tips dari RenovAsik, sesuaikan ukuran kipas angin gantung yang akan dipasang dengan ketinggian dan lebar ruangan dirumah Kamu.

Hindari untuk menggantung kipas angin ini terlalu tinggi, karena hanya akan membuat efek dingin menjadi kurang terasa.

Disisi lain, untuk ruangan berukuran lebih lebar, tentu akan dibutuhkan kipas angin gantung yang berukuran lebih besar pula.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.