5 Tips Praktis Pencahayaan Luar Ruangan Agar Hunian Menjadi Lebih Menawan



Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) disaat pandemi Covid 19, membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas dari rumah.

Pembatasan gerak ini menjadikan banyak orang merasa bosan, jenuh dan bahkan galau saat terus berada di rumah.

Namun, Anda tidak perlu galau berlarut-larut. Anda masih bisa mengekspresikan kreativitas yang masih terpendam dalam pikiran.

Misalnya, dengan memanfaatkan ruangan luar rumah seperti teras, halaman belakang maupun balkon sebagai tempat untuk mendapatkan udara yang segar.

Tentunya, sebelum menggunakannya, Anda layak untuk mendekorasinya terlebih dahulu, kan? Dan, salah satu dekorasi yang cukup penting adalah pencahayaan.

Tanpa perlu basa-basi, berikut ini 5 tips praktis ala Renovasik untuk mengoptimalkan pencahayaan luar ruangan agar hunian menjadi lebih menawan.

1. Buatlah Semua Sesederhana Mungkin

Pencahayaan yang berlebihan justru akan mengaburkan suasana luar ruangan. Terlebih lagi pada saat malam hari. Tentunya, Anda tentu tidak mau kan jika pencahayaan di luar ruangan menganggu indahnya pemandangan bulan dan bintang?

Fungsi lampu di luar ruangan sejatinya untuk meniadakan kegelapan, bukan menghadirkan pencahayaan layaknya di dalam rumah.

Oleh karena itu, gunakanlah pencahayaan outdoor secara sederhana. Anda dapat memilih pencahayaan yang tidak menyilaukan seperti simple string light.

2. Padukan Pencahayaan Dengan Wadah Lampu

Jika Anda berniat menggunakan lambu bohlam untuk area luar ruangan, maka Anda bisa memadukannya dengan wadah atau cangkang lampu.

Wadah lampu ini bisa Anda beli, baik secara offline maupun online. Pilihan bentuknya pun sangat beragam. Dengan wadah ini, lampu di luar ruangan akan semakin terlihat menarik.

Tips dari kami, gunakanlah wadah lampu yang bentuknya seragam agar terlihat lebih selaras dan indah.

3. Gunakan lampu LED

Pilihlah lampu LED sebagai pencahayaan di luar ruangan rumah. Lampu ini lebih hemat energi, otomatis penggunaannya tidak membebani tagihan listrik rumah setiap bulannya.

Saat ini, teknologi lampu LED sudah sangat berkembang. Lampu ini umumnya mempunyai beberapa pilihan warna yang dapat diganti-ganti sesuai keinginan.

Ini artinya, Anda bisa mengatur pencahayaan, warna lampu serta mencocokkannya sesuai dengan kebutuhan rumah hunian.

4. Gunakan Lampu Khusus Outdoor

Tentu ada resiko yang terjadi jika Anda menggunakan lampu konvensional untuk dipasang di area luar ruangan.

Salah satunya, lampu tersebut tidak memiliki daya tahan terhadap kondisi cuaca. Bahkan, rawan terjadi konslet.

Oleh karena itu, pastikan lampu yang digunakan untuk luar ruangan adalah lampu khusus yang memang untuk digunakan di area outdoor.

Pilihan ini menjamin supaya lampu tetap awet saat ditempatkan di luar ruangan. Aman dari kondisi cuaca seperti panas dan hujan.

5. Soroti Sudut Menarik Dengan Pencahayaan

Jika rumah memiliki teras, balkon ataupun taman yang memiliki banyak detail menarik, maka Anda dapat menyorotinya dengan lampu pencahayaan.

Contohnya, men-setting agar lampu menyoroti tembok marmer atau tanaman hias favorit Anda.

Sorotan cahaya ini akan menciptakan pemandangan yang menarik pada malam hari.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.