5 Tips Merenovasi Dapur Buat Kamu Yang Minim Budget



Penghuni rumah yang rutin dan suka melakukan kegiatan memasak, pasti tahu betul bagaimana dapur yang nyaman bisa memengaruhi suasana hati.

Dapur yang rapi dan bersih bakal membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan, serta membuat Kamu bisa lebih bersemangat.

Dapur yang memiliki tampilan cantik dan efisien juga akan menjadikan ruang lebih aman dan hemat waktu dalam mempersiapkan sajian hidangan.

Peralatan makan dan memasak yang mudah ditemukan dan digunakan, menjadikan ruang dapur menjadi lebih enak dipandang mata dan ditempati.

Kebalikannya, jika Kamu merasa malas memasak dan lebih sering memesan makanan dari luar, bisa jadi hal ini karena ada yang salah pada dapur di rumah.

Dan inilah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan dan merencanakan melakukan renovasi dapur supaya lebih layak untuk digunakan beraktivitas.

Tenang, Kamu tak perlu khawatir renovasi akan memakan biaya yang besar. Dengan perencanaan, renovasi juga bisa dilakukan dengan budget yang minim.

Meski hemat, hasilnya pun tetap bisa optimal dan membuat semua penghuni rumah menjadi lebih nyaman dalam menggunakan dapur sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk tetap memberikan kualitas yang maksimal, RenovAsik telah merangkum lima tips renovasi dapur buat Kamu yang berbudget minim.

1. Tentukan Rencana dan Skala Prioritas

Dengan pertimbangan budget yang harus dijaga, renovasi yang efektif haruslah dimulai dari perencanaan dan skala prioritas yang matang.

Misalnya, dimulai dari menentukan bagian dan perabotan dapur mana saja nih yang rencananya akan diganti, ditambahkan maupun direnovasi.

Tentukan skala prioritas dengan membuat daftar atau list serta mengurutkan semua bagian mana yang penting untuk didahulukan.

Contohnya, mengganti bagian kitchen set yang mengalami kerusakan. Barulah dari budget sisa, Kamu bisa mempertimbangkan elemen lain apa yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan kualitas dapur.

2. Fokus Pada Kitchen Set dan Dinding

Jika Kamu merupakan tipe penghuni yang membutuhkan tampilan dan suasana yang berbeda, fokuslah untuk merenovasi kitchen set dan dinding.

Karena apa? Kedua elemen inilah yang merupakan bagian dapur yang paling utama, mengambil banyak ruang dan paling terlihat oleh mata.

Dengan mengganti warna cat dinding, Kamu dan keluarga tidak akan memerlukan biaya yang relatif besar dalam melakukan renovasi.

Disisi lain, untuk membuat tampilan lebih cantik, Kamu pun bisa mengganti backsplash dapur dengan warna dan motif baru.

Baru kemudian, elemen-elemen kitchen set seperti material kabinet, rak dan laci pun bisa diganti untuk memberikan tampilan anyar pada dapur.

3. Ganti Peralatan Makan dan Memasak

Renovasi dapur pun tidak harus selalu mengganti maupun membongkar furnitur dan perabotan yang berukuran besar dan memakan tempat.

Terlebih lagi bila budget terbatas, mengganti peralatan makan dan memasak pun bisa menjadi satu langkah renovasi yang memberikan nuansa baru.

Misalnya saja, dengan menambahkan tanaman hias, mengganti toples penyimpanan dan bahan makanan berdesain lebih menarik.

Atau memanfaatkan peralatan makan favorit dari para penghuni atau alat masak stainless steel untuk tampilan yang lebih profesional.

4. Riset dan Melakukan Perbandingan Harga

Disaat menggunakan desainer interior, Kamu hanya perlu mencari mereka yang memiliki reputasi baik dan memberikan penawaran yang sesuai budget.

Dilain pihak, tanpa bantuan desainer interior, akan lebih banyak hal yang harus diriset dan dibandingkan, misalnya harga jasa tukang, material, bahan bangunan maupun perabotannya.

Pastikan Kamu sudah melakukan riset sebelum melakukan dan memulai renovasi untuk menemukan jasa dari para tukang dengan harga terbaik.

Yang mana, dari kesemuanya, hal ini akan sangat berpengaruh dan berdampak pada hematnya biaya renovasi dapur yang mesti dikeluarkan.

5. Menggunakan Alternatif Material

Beberapa material spesifik dapur mempunyai harga yang relatif jauh lebih tinggi jika diganti dalam jumlah yang cukup besar.

Contohnya marmer permukaan konter dapur, parket untuk lantai kayu ataupun material kayu asli untuk bagian-bagian dari kitchen set.

Jika budget terbatas, Kamu bisa mencari alternatif atau pengganti untuk material-material diatas yang akan sangat menguras rekening.

Misalnya, Kamu bisa menggunakan vinyl untuk tampilan lantai kayu, menggunakan HPL atau plywood untuk kitchen set, atau menggunakan stiker motif marmer untuk permukaan konter dapur.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.