5 Tips Feng Shui Praktis Untuk Desain Ruang Kantor Para Pemimpin Perusahaan



Ruang kerja atau kantor, terutama ruang untuk para pemimpin, menjadi salah satu lokasi yang cukup penting dalam pandangan feng shui.

Karena apa? Simpel saja, dari kaca mata feng shui, ruang kantor para pemimpin perusahaan adalah ruang awal tempat dimana cuan mengalir.

Arsitektur ruang kantor bisa saja beragam, dapat berbentuk bangunan satu atau dua lantai maupun berupa unit dalam gedung yang berlantai tinggi.

Meski demikian, menurut feng shui, cara perhitungannya tetaplah sama, yaitu dengan menata interior ruangan sang pemimpin dengan baik.

Kali ini RenovAsik akan membahas feng shui ruang kantor untuk Pemimpin perusahaan, termasuk CEO, Direktur, Manager maupun Komisaris-nya.

Dan OK. Langsung saja, berikut lima tips praktis mendesain ruang kantor bagi para pemimpin perusahaan yang bisa segera Sahabat aplikasikan…

1. Arah Sandaran Kursi & Meja Kerja

Perlu ditekankan dahulu, yang dimaksud dengan arah baik secara feng shui adalah arah hadap sandaran, bukan arah hadap duduk para pemimpin diruangannya.

Dan menurut ilmu dari negeri bambu ini, arah hadap akan ditentukan oleh perhitungan KUA (GUA) dari masing-masing orang yang terkait.

Setiap orang mempunyai angka KUAnya masing-masing, yang dihitung dengan rumus Pria (x – 10 = KUA) serta rumus Wanita (5 + X = KUA).

X adalah satu angka digit dari penjumlahan dua angka tahun lahir. Sebagai catatan saja, bagi orang yang lahir sebelum 5 Februari, dihitung dengan menggunakan tahun sebelumnya.

Ada dua golongan KUA, yaitu kelompok KUA Timur (KUA= 1, 3, 4, 9) dengan arah baik adalah Utara, Selatan, Timur dan Tenggara. Dan kelompok KUA Barat (KUA = 2, 5, 6, 7, 8) dengan arah baik adalah Barat, Barat Laut, Barat Daya dan Timur Laut.

Bagaimana cara menghitungnya? Jika Pria lahir di tahun 1965, maka angka KUA = 10 – X = 10 – (6+5 = 11 1+1=2) = 10 – 2 = 8 (Maka ia masuk dalam golongan KUA Barat).

Bagi Wanita yang lahir ditahun 1961, maka angka KUA = 5 + X = 5 + (6+1=7) = 12 = 1 + 2 = 3 (Maka Ia masuk dalam golongan KUA Timur).

2. Posisi Meja Kerja

Setelah mendapatkan arah mata angin atau arah hadap yang bagus, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana menempatkan posisi meja kerja.

Umumnya, dalam aturan feng shui, posisi meja duduk para pemimpin selalu diletakkan sejauh mungkin dari pintu masuk ruang kantor.

Sebagai catatan, sebisa mungkin pemimpin duduk menghadap ke arah pintu masuk, supaya mereka bisa mengetahui siapa yang datang ke ruang kerjanya.

Yang terpenting, posisi meja kerja tidak secara langsung menghadap lurus terhadap pintu masuk, jika iya maka sebaiknya Anda merubah posisinya.

Lalu bagaimana jika posisi meja kerja membelakangi pintu masuk? Ini adalah kemungkinan jelek yang bisa saja terjadi.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa menempatkan cermin pada posisi dinding, supaya para pemimpin bisa melihat orang yang datang melalui bayangan pada cermin.

3. Bentuk Meja Kerja

Umumnya, meja kerja yang paling baik untuk ditempatkan pada ruangan para pemimpin adalah berbentuk empat persegi panjang.

Namun, apabila Kamu ingin meja yang berbentuk oval atau bulat, alangkahbaiknya meja itu melengkung dan ‘melindungi’ yang terkait.

Tapi, tetap saja bentuk meja seperti ini masih kurang baik untuk menerima tamu yang akan datang dan duduk dihadapan para pemimpin.

Sebagai solusinya, alangkahbaiknya jika Kamu mempersiapkan meja bulat untuk menerima tamu pada set sofa di dekat meja pemimpin.

4. Warna Interior

Pastinya Kamu sudah tahu kan, jika warna interior ruangan juga cukup berperan penting dalam ruang para pemimpin.

Warna ruangan yang baik juga diperhitungkan menurut Ba Zi dari orang yang bersangkutan.

Apabila seorang pimpinan membutuhkan elemen yang hangat (contohnya Kayu dan Api), maka Kamu bisa sesuaikan warna interior ruang kantor menjadi kehijauan dan kemerahan.

Namun, apabila Ba Zi yang terkait memerlukan yang lebih ‘dingin’, maka Kamu bisa menggunakan elemen Air atau Logam.

Untuk menemukan elemen, Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Pakar Ba Zi maupun Feng Shui terpercaya.

5. Dekorasi & Lukisan

Kantor bisa dilengkapi dengan unsur dekorasi seperti ukiran, wallpaper, water feature, maupun benda seni seperti lukisan.

Menurut ilmu dari negeri tirai bambu Cina ini, masing-masing unsur dekorasi mempunyai makna serta tujuan sendiri.

Misalnya, dalam meletakkan lukisan pada dinding sandaran kursi kerja pemimpin, sebaiknya Kamu menggunakan lukisan “gunung” yang mencerminkan kestabilan bisnis.

Selain memperlancar cuan, ruangan pemimpin akan menjadi jauh lebih cantik dan menawan. Sip.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.