5 Tips Ciamik Yang Bikin Dapur Minimalis Makin Cantik



Dalam dunia renovasi, merancang ruang dapur berukuran minimalis pun membutuhkan pertimbangan yang matang dan cermat.

Alasannya cukup simpel, meskipun berukuran mungil, ruang dapur minimalis harus tetap mengakomodasi kebutuhan semua penghuni.

Apa pasal? Karena selain sebagai lokasi untuk memasak, ruang ini juga memiliki fungsi sebagai ruang komunal untuk mempererat hubungan antar keluarga.

Lalu bagaimana cara membuat dapur minimalis semakin cantik? Langsung saja, berikut ini tips ciamik ala Renovasik yang bisa langsung Anda aplikasikan.

Utamakan Fungsi

Rancangan dapur minimalis yang ideal selalu menitikberatkan pada fungsi sekaligus aksesibilitas para penghuni saat berada di lokasi.

Oleh karena itu, agar dapur lebih mudah diwujudkan, pada saat membuat rancangan, alangkahbaiknya untuk mengutamakan kebutuhan dari semua penghuni.

O ya, selain memasak, pertimbangkan juga fungsi lainnya dari dapur, misalnya sebagai area pantry atau lokasi untuk bersantap bersama keluarga.

Yes, dengan mengutamakan kebutuhan seluruh anggota keluarga, Anda akan menghasilkan ruang dapur minimalis yang tidak hanya cantik namun juga efektif.

Pilih Material Berkualitas

Tentu saja, jika Anda ingin membuat ruang dapur minimalis berkualitas, Anda juga pasti akan memperhatikan penggunaan materialnya, bukan?

Benar, dengan mengaplikasikan material bangunan yang berkualitas, tentunya Anda juga akan mendapatkan ruang dapur yang bermutu tinggi dan tahan lama.

Salah satu material yang perlu Sahabat perhatikan adalah hardware furniture, contohnya engsel lemari atau kabinet. Tipsnya, belilah engsel yang berkualitas agar awet dalam penggunaan.

Aplikasikan Ukuran Standar Ruang

Apa Sahabat tahu, jika terdapat sejumlah ukuran standar yang perlu diterapkan pada saat membangun area ruang dapur?

Yes, para ahli sudah menentukan ukuran standar untuk mendapatkan ruang dapur minimalis yang tepat dan ideal untuk diaplikasikan.

Contohnya, pada kitchen set, ukuran minimal lebar kabinet haruslah berjarak 30cm dari dinding. Dan, jarak antara kabinet bagian atas dan bawah berkisar antara 90-100cm.

Lalu kemudian, sebagai tumpuan area table top, kabinet bawah pun perlu dibuat dengan memiliki jarak yang lebih besar, setidaknya berukuran 60cm.

Tatalah Ruang Secara Fleksibel

Agar semakin nyaman digunakan seluruh anggota keluarga, penataan dapur minimalis perlu disesuaikan dengan alur aktivitas yang dilakukan di lokasi ini.

Pada umumnya, alur aktivitas di dapur melibatkan komponen atau perangkat dapur untuk menyiapkan bahan masakan, memasak, serta menghidangkan makanan.

Renovasik sarankan, untuk membentuk ruang dapur ber-layout model segitiga, agar alur kegiatan pada ruang dapur semakin lancar dan fleksibel.

Rawatlah Dapur Secara Rutin

Terakhir, ketika dapur minimalis sudah selesai dibuat, ingatlah untuk selalu merawatnya. Dengan memeliharanya secara rutin, akan membuat ruang ini lebih awet dan tahan lama.

Salah satu caranya adalah dengan cara menjaga kebersihannya secara rutin setiap selesai digunakan, baik sesudah menyiapkan, memasak atau selesai menyantap hidangan.

Dan apabila terdapat kerusakan pada perabotan dan lainnya, segera atasi secepat mungkin agar dampaknya tidak berlarut-larut pada aktivitas keluarga.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.