5 Resep Sederhana Dan Ampuh Merawat Rumah Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama



Merawat rumah adalah hal yang paling utama yang layak dilakukan supaya hunian lebih awet, tahan lama dan terjaga dengan baik.

Ini artinya, Anda memelihara rumah beserta seluruh isinya, termasuk perabotan maupun perlengkapan yang ada di dalamnya, memastikan semuanya berfungsi secara baik dan optimal.

Jika rumah hunian yang ditempati sudah lanjut usia, tentu Anda harus merawat dan kembali meremajakannya supaya tetap dapat berdiri dengan kuat dan kokoh.

Tidak cukup dilakukan hanya sekali dalam satu waktu, merawat rumah harus menjadi aktivitas yang dilakukan secara rutin oleh Anda dan keluarga.

Dan cara terbaiknya adalah dengan merawat atau memelihara rumah secara berkala. Nah, berikut ini adalah lima resep sederhana dan ampuh ala renovasik untuk merawat rumah supaya lebih awet dan tahan lama:

1. Membuat Jadwal Pemeliharaan Rutin

Yes, tentu hal pertama yang layak untuk Anda lakukan adalah membuat jadwal pemeliharaan rutin. Hal ini bertujuan supaya Anda dan keluarga dapat merawat rumah secara disiplin.

Jadwal ini juga bisa menjadi acuan maupun pengingat bagi Anda untuk tidak lupa merawat maupun melakukan perbaikan.

Selain itu, jadwal waktu pemeliharaan rutin ini dapat digunakan sepanjang tahun. Ini artinya, untuk tahun-tahun kedepan Anda tetap bisa mengacu pada jadwal yang telah dibuat.

Anda bisa membuatnya secara manual, baik dengan cara menandai kalender atau menulis memo di smartphone. Aktifkan mode pengingat supaya jika waktu pemeliharaan tiba, ponsel Anda akan secara otomatis berdering.

Jadwal pemeliharaan rutin ini juga dapat Anda sesuaikan dengan jadwal waktu libur atau waktu luang.

2. Menuliskan List Atau Daftar Perbaikan

Tentunya, tidak semua pemeliharaan dan perbaikan dapat dilakukan dalam waktu sehari penuh saja.

Anda bisa membuat jadwal secara lebih rinci. Pilih dan pilah mana yang lebih penting untuk diutamakan terlebih dahulu. Contohnya, mungkin pada minggu pertama, fokus pada perbaikan dinding, seperti mengecat dan lainnya.

Selanjutnya, di minggu kedua baru beranjak untuk melakukan hal lainnya seperti memperbaiki perabotan, contohnya AC, kipas, kompor gas dll.

Jika Anda tidak mampu untuk memperbaikinya secara mandiri, bawa barang-barang tersebut kepada ahlinya, yaitu tukang service langganan terbaik.

Namun, jika Anda bisa melakukan pemeliharaan dan perbaikan barang secara mandiri. Lakukanlah di waktu luang yang dimiliki. Hal ini penting, terutama untuk menghemat uang direkening.

3. Bertindak Pro-Aktif Dalam Melakukan Perbaikan

Meskipun Anda telah mempunyai jadwal pemeliharaan rumah rutin, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan perbaikan di luar jadwal yang telah dibuat.

Bertindaklah pro-aktif terhadap perbaikan apa pun yang membutuhkan waktu yang segera mungkin.

Contoh, saat gagang pintu atau engsel mengalami kerusakan, segeralah untuk memperbaikinya agar masalah tidak semakin berlanjut dan parah.

Sikap dan tindakan pro-aktif ini juga bertujuan agar semua barang-barang dapat segera berfungsi kembali secepat mungkin.

Cara seperti ini, tentu saja akan meringankan tugas Anda, terutama saat jadwal waktu pemeliharaan rumah datang.

4. Memperbaiki Instalasi Listrik dan Air

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dari pemeliharaan dan perbaikan rumah adalah memperbaiki instalasi listrik dan air.

Anda harus secara rutin mengecek kondisi dari kabel-kabel listrik, dan jika menemukan ada kabel yang telah putus, misal gara-gara digigit oleh binatang seperti tikus, segeralah untuk memperbaikinya.

Jika Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, segera panggillah ahli dibidang kelistrikan, karena memperbaiki listrik adalah hal yang cukup beresiko dan berbahaya.

Selain itu, Anda pun bisa memperbaiki instalasi air keran.

Jika air sudah terlihat kotor dan keruh, segera konsultasikan dengan para ahli ataupun petugas PDAM. Carilah penyebabnya, lalu selesaikan masalahnya.

5. Merawat Taman dan Halaman

Selain dibagian dalam, Anda pun juga harus memelihara dan memperbaiki bagian luar rumah seperti halaman atau taman.

Jika Anda mempunyai halaman yang luas dan sudah dipenuhi dengan rerumputan dan ilalang, segeralah untuk memotong dan merapikannya.

Pastikan tak ada hama dan virus penyakit yang dapat membahayakan seluruh anggota keluarga disekitar halaman. Periksalah semua sudut, termasuk semak-semak yang cenderung sering mengundang hadirnya nyamuk.

Pemeliharaan juga bisa dilakukan dengan melakukan tindakan penyiraman, penggantian, penanaman dan upaya lainnya untuk memastikan bahwa lingkungan rumah sudah benar-benar bersih dan sehat. Sip.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.