5 Langkah Supaya Rumah Kost Atau Rumah Kontrakan Membuat Penyewa Semakin Betah!



Adakah Sahabat disini yang menggunakan properti atau bangunan yang dimiliki untuk berbisnis atau menjemput rejeki, contohnya dengan menjadikannya rumah kost atau rumah kontrakan?

Yes. Di Jabodetabek sendiri, rumah kost atau rumah kontrakan menjadi tempat yang dibutuhkan bagi banyak kalangan, terutama untuk para mahasiswa yang ingin tinggal didekat kampus, atau pekerja kantoran yang ingin lebih dekat dengan tempat kerjanya.

Nah, apakah Kamu tahu, dalam memilih rumah kost atau rumah kontrakan, selain mereka identik mencari tempat yang membuat mereka nyaman dan tetap membuat betah saat berada dalam ruangan, juga mencari ruang yang memiliki unsur estetika yang tinggi.

Inilah alasan kenapa sangat penting bagi para pelaku usaha rumah kost atau rumah kontrakan untuk bisa ‘menjual’ layout ruang kamar yang memikat dan tampak luas supaya menjadi daya tarik bagi mereka untuk ingin menyewanya.

Untuk itu, kali ini, RenovAsik telah merangkum beberapa tips praktis desain rumah kost atau rumah kontrakan supaya penyewanya semakin betah.

1. Memasang Cermin

Pemasangan cermin pada salah satu sudut ruangan pada rumah kost atau rumah kontrakan akan menawarkan kesan luas pada ruangan didalamnya.

Nah, untuk ruang pada rumah kost atau kontrakan sendiri, cermin yang biasanya digunakan adalah cermin berdiri (standing mirror). Hal ini dilakukan supaya pemilik dapat memenuhi kebutuhan penyewa dalam urusan penampilan.

Disisi lain, pemasangan cermin juga bisa dilakukan dengan menyatukan cermin pada pintu lemari penyimpanan. Hal ini jauh lebih efisien karena Kamu tidak lagi membutuhkan ruang untuk meletakkan cermin.

2. Menggunakan Warna Cerah

Pemakaian warna cerah seperti cat putih pada ruangan mempunyai peran besar supaya ruangan terlihat lebih luas. Disisi lain, supaya terlihat lebih seimbang, Anda bisa memadukannya dengan lantai bertekstur kayu dengan warna coklat tua.

Meski demikian, supaya ruangan pada rumah kost atau kontrakan menjadi terlihat lebih berwarna, selain putih, ada beragam warna yang bisa digunakan juga sebagai perpaduan, diantaranya adalah warna cokelat muda, hijau, biru dan warna cerah lainnya.

3. Mengoptimalkan Jendela

Selain membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas, pemasangan jendela pada ruangan berukuran kecil juga sangat dibutuhkan untuk memberi dampak positif bagi kesehatan penyewa.

Disini, RenovAsik sangat mereferensikan untuk menggunakan jenis jendela geser. Selain bermanfaat sebagai ventilasi udara dan akses masuknya pencahayaan alami, hal ini dilakukan supaya penggunaan menjadi lebih mudah dan juga efisien dalam segi mengoptimalkan space.

Kamu dapat meletakkan jendela diatas kepala tempat tidur (headboard) atau didepan meja belajar atau kerja. Hal ini sangat direkomendasikan supaya penyewa tetap dapat meningkatkan produktivitas selama ia tinggal dan menghuni tempat tersebut.

4. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Seiring dengan perkembangan era yang semakin maju, sekarang, Kamu bisa dengan mudah menemukan furnitur yang memiliki banyak fungsi. Contohnya, tempat tidur yang di bagian bawahnya terdapat lemari penyimpanan untuk pakaian dan lain-lain.

Benar. Hal ini juga sangat efektif untuk membuat ruangan rumah kost atau rumah kontrakan menjadi tampak terlihat lebih lega dan luas

Selain tempat tidur, Kamu pun bisa menggunakan standing mirror yang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sepatu atau meja rias yang didesain memanjang ke atas dengan fungsi tambahan sebagai rak dan gantungan. Hal ini pasti sangat tepat diterapkan karena mengingat para penyewa, baik mahasiswa atau pekerja kantoran memiliki kebutuhan merapikan diri sebelum berangkat beraktivitas.

5. Menggunakan Ukuran Tinggi Plafon Yang Tepat

Langkah yang terakhir adalah dengan menggunakan plafon berukuran tinggi yang tepat.

Plafon di dalam ruang kamar tidak boleh terlalu pendek, karena hal ini akan memberikan kesan sempit dan padat pada ruangan.

Oleh karena itu, semakin tinggi plafon, semakin menjadikan ruangan terlihat lebih luas dan lega. Dan para penyewa pun akan semakin betah untuk tinggal dan beraktivitas didalamnya.

Mau membangun rumah kost atau rumah kontrakan bersama RenovAsik? Juga bisa dong.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.