5 Ide Mengoptimalkan Ruang Khusus Bermain & Menyalurkan Hobi di Rumah



Biasanya, kita mengelola rasa bosan dengan menyalurkan hobi. Ternyata, hal ini juga menjadi hal yang diminati banyak orang selama pandemi ini.

Tapi kita pun tahu, hobi juga memerlukan peralatan khusus seperti aksesoris hingga perabotan yang dibutuhkan untuk menjalankan hobi tersebut.

Oleh sebab itu, untuk mendukung keluarga dalam menyalurkan hobi di rumah, Anda bisa menciptakan ruang khusus sebagai area penyaluran hobi.

Tentunya, penataan barang pada ruang ini juga cukup penting dilakukan supaya Anda bisa tetap fokus menyalurkan hobi tanpa mengganggu estetika rumah.

Dan Sahabat RenovAsik, berikut ini terlampir beberapa ide untuk mengoptimalkan ruang khusus untuk dan menyalurkan hobi dirumah ini.

Apa saja hal tersebut. Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Tempatkan Semua Yang Dibutuhkan Dalam Jangkauan

Waktu bermain dan menyalurkan hobi adalah waktu yang cukup berharga untuk menghilangkan rasa jenuh setelah rutinitas kerja yang monoton.

Karena itu, menyusun barang sesuai dengan kategorinya akan membantu Anda supaya waktu tidak terbuang sia-sia karena harus mencarinya.

Untuk itu, supaya barang mudah ditemukan, tatalah barang-barang yang diperlukan misalnya, sesuai dengan warna atau jenis dalam rak yang tersendiri.

2. Menyesuaikan Pengaturan Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal kedua yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan didalam ruang bermain dan penyaluran hobi ini.

Sebab apa? Selain menciptakan suasana yang lebih hidup, pencahayaan yang sesuai bisa meningkatkan daya kreativitas para pengguna ruangan.

Para gamers, misalnya, lebih membutuhkan ruangan yang redup dengan pencahayaan lampu warna-warni layaknya dalam animasi game.

Sebaliknya, orang yang punya hobi menjahit atau melukis umumnya membutuhkan ruang yang tinggi pencahayaan agar bisa lebih fokus melakukan hobinya.

3. Menghadirkan Wall Art Sebagai Inspirasi Ruang

Tidak sedikit orang yang memiliki barang-barang koleksi seperti aksesori pajangan untuk dipajang didalam ruangan khusus penyaluran hobi ini.

Anda bisa menyisihkan sedikit tempat (space) di dinding ruang khusus bermain dan penyaluran hobi ini dengan memajang koleksi tersebut sebagai wall art.

Anda dapat menata pajangan tersebut dengan baik dan rapi agar ruangan tidak terlihat berantakan serta tetap terlihat estetik dipandang mata.

4. Tambahkan Tanaman Hias Sebagai Dekorasi

Untuk menambah nuansa yang segar dan alami pada ruangan khusus ini, tambahkan tanaman hias yang mudah dalam perawatan, misalnya kaktus.

Kaktus, relatif mudah dirawat karena tak perlu sering disiram. Supaya makin indah dipandang, Anda bisa memanfaatkan pot cantik sebagai media tanam.

Tidak hanya menambah ke-estetik-an ruangan, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati atau mood seluruh anggota keluarga menjadi semakin baik.

5. Menyediakan Tempat Duduk Yang Nyaman

Cara terakhir untuk mengoptimalkan ruang khusus ini adalah dengan menyediakan tempat duduk yang nyaman.

Misal, Untuk mendukung Anda tetap fokus dalam menyalurkan hobi secara lesehan, Anda bisa menempatkan bahan dudukan yang lembut seperti cushion.

Disisi lain, Anda bisa menggunakan kursi dengan bantalan empuk untuk menambah kenyamanan saat harus duduk dalam waktu yang cukup lama.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.