5 Cara Praktis Merawat Furnitur Kayu Supaya Awet dan Tahan Lama



Setiap orang pastinya ingin memiliki furnitur yang awet dan tahan lama untuk ditempatkan didalam rumah hunian mereka... Meja, kursi serta perabotan berbahan kayu lainnya diyakini memenuhi persyaratan ini.

Terlebih lagi, furnitur kayu juga menawarkan nilai estetika dan kesan yang natural. Untuk alasan inilah, tentunya Anda ingin mempertahankannya, bukan?

Namun faktanya, furnitur kayu tidak serta merta akan bertahan lama seperti yang diharapkan, terutama jika Anda tidak melakukan perawatan dengan seksama. Akibatnya, furnitur kayu bisa saja memudar warnanya dan mengalami keretakan.

Oleh karena itu, Sahabat RenovAsik perlu merawat furnitur kayu dengan rutin dan tepat. Dan berikut ini adalah lima cara praktis merawat furnitur kayu supaya awet dan tahan lama yang telah RenovAsik rangkum dan bisa segera Sahabat aplikasikan... Check it out.

1. Membersihkan Furnitur Kayu Secara Rutin

Selain menyeka furnitur kayu dengan lembut, Sahabat juga harus membersihnya secara teratur dengan dengan kain yang halus supaya tidak menimbulkan goresan.

Disisi lain, untuk membersihkan permukaan ukiran, Anda bisa menggunakan sikat bulu alami yang lembut. Namun harus diingat, hindari penggunaan cairan kimia disaat membersihkannya.

Jika furnitur terkena tumpahan air, jangan sampai Anda membiarkannya sampai mengering dengan sendirinya. Segera bersihkan dengan kain lembap untuk mencegah cairan merembes melalui pori-pori lapisan pernis dan menodai kayu.

2. Memperhatikan Kondisi Iklim Lingkungan

Jika Sahabat tinggal di lokasi yang iklimnya panas atau kering, ingatlah untuk menyeka furnitur dengan kain lembab secara rutin. Tindakan ini akan membantu mencegah furnitur mengalami retak serta warna yang memudar.

Hal yang sama juga berlaku bila furnitur terpapar oleh panas sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, letakkan furnitur di lokasi yang dapat menjaga suhu dan kelembapan udaranya. Terkecuali, jika furnitur yang Anda miliki memang dibuat khusus untuk ditempatkan pada area luar ruangan.

3. Menggunakan Pelindung Furnitur

Disini, Anda bisa mengunakan alas pelindung seperti taplak kain maupun tatakan gelas untuk mencegah noda ataupun kerusakan akibat goresan pada permukaan furnitur.

Disisi lain, jangan letakkan furnitur di dekat barang-barang bersudut tajam ataupun pada lokasi area yang panas maupun basah.

4. Menggeser Furnitur Dengan Hati-Hati

Cara praktis selanjutnya adalah menggerakkan furnitur dengan hati-hati. Ketika menggeser atau memindahkannya, hindari sentuhan langsung dengan lantai rumah hunian.

Apa pasal? Karena hal ini tidak hanya bisa merusak lantai rumah, namun juga dapat merusak sambungan furnitur kayu kesayangan Anda tersebut.

5. Memoles Furnitur Secara Rutin

Luangkan waktu untuk memoles furnitur beberapa kali dalam sebulan dengan menggunakan semir kayu berkualitas baik.

Lalu, poles semua bagian furnitur secara profesional setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.