4 Tips Praktis Decluttering Supaya Rumah Hunian Semakin Rapi & Menawan



Saat ini, rumah tidak hanya menjadi tempat berteduh, namun juga telah bertambah fungsinya menjadi tempat untuk belajar sekaligus bekerja.

Oleh karena itu, cukup penting untuk membuat rumah hunian menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali dan beraktivitas.

Sayangnya, kebiasaan menimbun barang yang kerapkali dilakukan oleh sebagian orang membuat rumah justru terlihat berantakan.

Nah, jika rumah yang Sahabat huni sudah terasa tidak nyaman untuk ditinggali karena terasa penuh dan mudah berantakan, sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan decluttering.

Ap aitu decluttering? Decluttering adalah sebuah proses untuk memilah barang-barang berdasarkan level dan frekuensi penggunaanya. Contohnya, barang-barang yang dinilai tidak penting dan jarang digunakan, alangkahbaiknya jika dikeluarkan dari rumah, baik untuk dijual maupun dibuang.

Bagaimana cara melakukan pemilahan? Berikut tips praktis decluttering ala RenovAsik yang bisa Anda aplikasikan supaya rumah hunian kembali rapi dan menawan.

1. Menetapkan Tujuan

Sebelum memulai proses decluttering, hal pertama yang harus Sahabat lakukan adalah menetapkan tujuan. Tentu saja, tujuan dari setiap orang pasti akan berbeda-beda.

Contohnya, ada yang hanya ingin membuat lokasi terlihat rapi saja, namun ada juga orang yang berniat untuk menciptakan tambahan ruang di rumahnya.

Dan, dengan menetapkan tujuan seperti diatas, maka penghuni rumah bisa dengan sesegera mungkin menentukan strategi yang harus ia gunakan dalam decluttering.

2. Membuat Rencana

Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah membuat rencana decluttering, buatlah data sederhana tentang bagian rumah mana saja yang ingin Sahabat tata dan rapikan.

Dengan memiliki rencana seperti ini, Anda bisa membuat seluruh proses memilah barang menjadi lebih mudah dan terfokus.

3. Mengeksekusi Rencana

Setelah membuat rencana, hal terpenting ketiga yang wajib dilakukan adalah melakukan eksekusi dari rencana yang telah dibuat.

Pertama-tama, Anda bisa memulai pemilahan atau decluttering ini dari membersihkan seluruh lantai dari rumah yang Anda huni.

Kemudian, ambil keranjang atau kotak dan berjalan cepat melalui setiap ruangan untuk menemukan barang yang perlu disingkirkan, contohnya furnitur atau pajangan dinding yang sudah tidak Anda sukai atau barang-barang yang sudah tidak lagi digunakan.

Anda pun juga bisa menge-cek di bagian ruang penyimpanan seperti laci meja, atas permukaan lemari es, coffee table hingga nakas. Karena apa? Umumnya barang-barang yang sudah tidak digunakan terbengkalai disana.

Lakukan juga pengamatan hingga ke sudut-sudut tersembuyi, umumnya ada barang-barang yang tidak sengaja terjatuh disana.

4. Melakukan Pemilahan

Setelah dirasa seluruh barang sudah terkumpul, Sahabat bisa melakukan penilaian secara obyektif tentang apakah barang tersebut layak dipertahankan atau tidak.

Jangan memilih barang atas latar belakang keterikatan emosional karena nantinya akan banyak barang yang tidak penting yang justru akhirnya kembali membuat ruangan menjadi penuh dan berantakan.

Setelah memilahnya, barang-barang yang sudah tidak digunakan tersebut harus segera Anda buang, disumbangkan atau di diloakkan jika kondisi barang masih layak. Lumayan kan buat tambah-tambah rejeki…

Akhir kata, membuang barang milik pribadi memang tidak mudah. Anda memerlukan tekad yang besar supaya rumah hunian yang Anda tempati semakin nyaman untuk ditinggali.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.