4 Syarat Gudang Yang Harus Terpenuhi Agar Usaha Tumbuh Semakin Maju



Jika sebelumnya membahas tentang tipe-tipe Gudang, kali ini kita akan membahas bagaimana mengkondisikan Gudang agar usaha tumbuh semakin maju.

Apa pasalnya? jika usaha tumbuh semakin maju, tentu tidak hanya membuat sang Pengusaha senang, karyawan pun bisa turut merasakan dampak rejekinya.

Memang, apa saja sih syarat-syarat gudang yang harus dipenuhi? Sebelum kita membahasnya lebih jauh, yuk kita ngobrol ringan tentang gudang terlebih dahulu.

Mengenal Gudang & Fungsinya

Umumnya, gudang dipahami sebagai area penyimpanan. Keberadaannya dinyatakan sebagai pendukung dari kegiatan usaha. Baik produksi maupun operasi industri.

Selain sebagai tempat penyimpanan barang, gudang juga dikenal dengan fungsi lainnya seperti untuk melindungi bahan baku atau bahan kemas.

Proses perlindungan ini bertujuan supaya bahan-bahan yang disimpan didalam gudang tetap berada dalam kondisi yang baik.

Misalnya, tidak terganggu oleh binatang perusak dan perubahan cuaca, atau bahkan hal-hal yang bisa membahayakan lainnya.

Disisi lain, jika dilihat dari sistem pergudangan yang ada di Indonesia, umumnya terdapat tiga fungsi utama yang dimilikinya, dimulai dari:

  1. Sebagai lokasi penyimpanan
  2. Sebagai lokasi distribusi dan pemeliharaan
  3. Sebagai lokasi untuk melayani pelanggan

4 Syarat-Syarat Gudang Yang Harus Dipenuhi

Tanpa perlu berpanjanglebar lagi, berikut RenovAsik jabarkan beberapa syarat gudang yang harus dipenuhi oleh Perusahaan agar usaha tumbuh semakin maju.

1. Memiliki Prosedur Tetap

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan akan sebuah gudang adalah memiliki prosedur yang tetap atau konsisten.

Prosedur ini akan mengatur berbagai hal yang ada dan berkaitan didalam lokasi gudang. Seperti tata cara atau aturan kerja.

Sebagai contohnya, seperti tata cara distribusi, proses penyimpanan barang hingga ke hal penting lainnya yang harus dipatuhi pengguna gudang.

2. Kondisi Gudang Yang Memadai

Syarat gudang yang kedua muncul dari kondisi. Sebagai lokasi penyimpanan dan pemeliharaan barang tentulah keberadaan gudang haruslah memadai.

Ini artinya, gudang layak memiliki kondisi yang tepat, seperti ukuran yang luas sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti tingkat kekeringan, pencahayaan, suhu dan kebersihan yang cukup juga menjadi hal-hal yang cukup penting.

3. Memiliki Area Khusus

Beberapa jenis gudang untuk barang tertentu diwajibkan untuk mempunyai area atau lokasi khusus. Seperti untuk barang yang mudah terbakar atau meledak.

Tempat tersebut harus tersedia secara khusus karena keberadaannya bisa digunakan untuk penyimpanan barang-barang yang spesial pula.

Selain aman, keberadaan tempat ini juga akan lebih memudahkan pengguna Gudang dalam menemukan barang dengan kondisi khusus tersebut.

4. Pembuatan Kartu Laporan

Syarat yang terakhir yang harus dilakukan perusahaan untuk mendapatkan gudang yang baik adalah dengan adanya pembuatan kartu laporan.

Kartu laporan Gudang ini merupakan jenis kartu yang ditujukan untuk membuat laporan kegiatan di dalam area gudang penyimpanan.

Untuk itu, umumnya kartu tersebut memuat beberapa hal penting seperti kondisi tempat, barang, jangka waktu penyimpanan hingga informasi penting lainnya.

Itulah empat syarat Gudang yang harus terpenuhi agar usaha tumbuh semakin maju. Sudah mempunyai tekad kuat membangun atau merenovasi Gudang? Hubungi RenovAsik.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.