4 Strategi Jitu Untuk Membuat Ruang Tamu Menjadi Ruang Serbaguna



Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang cukup penting didalam rumah hunian.

Umumnya, ruang ini dijadikan sebagai lokasi untuk menerima tamu yang datang berkunjung, menonton televisi, atau bahkan untuk sekedar bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, sekarang, ruang ini fungsinya menjadi semakin bertambah luas, misalnya sebagai ruang makan, memasak, kantor hingga kegiatan-kegiatan lainnya.

Ruang tamu seperti ini bisa disebut juga sebagai ruang tamu serbaguna.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat ruang tamu serbaguna, agar diruangan ini Anda bisa secara efektif melakukan berbagai kegiatan?

Inilah beberapa strategi jitu ala Renovasik untuk membantu Anda dalam menciptakan ruang tamu serbaguna ini:

1. Merancang Konsep Ruang Tamu Serbaguna

Disaat Anda berniat untuk membuat ruang tamu serbaguna, maka cara pertama yang bisa dilakukan ialah merancang konsep dari ruang tamu serbaguna tersebut.

Pertimbangkan berapa luas ukuran dari ruang tamu, lalu fungsi apa saja yang bisa diaplikasikan, di mana letak atau posisi setiap fungsinya dan lainnya.

Contohnya, rencanakan di mana Anda akan meletakkan televisi dan meja, mesin cuci, ruang dapur dan ruang fungsi lainnya.

2. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Berikutnya, Anda mulai bisa berpikir untuk membeli atau menggunakan furnitur  multifungsi.

Contohnya, membeli sofa multifungsi yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk menonton TV, namun sekaligus juga bisa dilebarkan menjadi tempat tidur sementara.

Sofa pun dapat dijadikan sebagai tempat duduk untuk belajar ataupun bekerja dengan menambahkan meja lipat.

Anda pun dapat memilih furnitur modular, furnitur ini merupakan cara terbaik untuk membantu mengubah ruang dalam sekejap mata.

Terutama bila Anda memilih barang-barang seperti lemari yang dapat ditumpuk yang berfungsi ganda sebagai kursi, atau diperluas menjadi sebuah meja.

3. Menyulap Sudut Menjadi Ruangan Serbaguna

Salah satu keunggulan ruang tamu serbaguna ialah memungkinkan untuk membuat banyak ruang dan melakukan berbagai kegiatan dalam satu tempat.

Anda bisa menggunakan sudut ruang tamu yang umumnya tidak terpakai sebagai lokasi untuk dibuat ruang seperti ruang kantor, ruang belajar maupun yang lainnya.

Dengan mengoptimalkan sudut ruang tamu ini, artinya akan semakin banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di ruang tamu dirumah Anda.

4. Menciptakan Dua Atau Lebih Fungsi

Untuk mengoptimalkan ruang tamu serbaguna, ruangan setidaknya harus memiliki dua fungsi atau lebih.

Jika Anda bimbang dalam membuat ruang tamu dengan fungsi apa saja, berikut beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan dan aplikasikan:

a. Ruang Tamu & Dapur

Anda tentunya sudah sering melihat ruang tamu serbaguna dengan dua fungsi ini, yaitu sebagai ruang tamu dan kedua sebagai dapur.

Kombinasi keduanya termasuk dalam gaya konsep klasik modern. Sebuah konsep yang cukup mudah untuk diaplikasikan pada rumah hunian.

Umumnya, ruang dapur dibuat tepat berada di belakang ruang tamu. Selain bisa menjadi ruang untuk menonton televisi, Anda juga dapat membuat hidangan makanan.

Tidak hanya dua, rumah yang mengaplikasikan konsep ini juga sering memasukkan fungsi tambahan seperti ruang makan, yang posisinya tepat berada di tengah atau di antara dapur maupun ruang tamu.

b. Ruang Kantor & Kamar Tidur

Bekerja dari rumah atau yang seringkali disebut work from home ini menjadi hal yang seringkali dilakukan akibat adanya pandemi Covid-19, oleh karena itu, kombinasi ruang kantor dan kamar tidur adalah pilihan berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan.

Namun, penting untuk membuat ruang kantor yang ada di ruang tamu serbaguna itu tampil berbeda, tujuannya, tentu agar tempat tidur yang juga ada disana menjadi tidak terlalu menggoda dan menurunkan semangat dalam bekerja.

c. Mudroom & Ruang Laundry

Anda pun bisa menambahkan mudroom atau ruang penyimpanan barang sekaligus lokasi untuk mencuci pakaian pada ruangan.

Dengan hadirnya ruang penyimpanan ini, tentunya Anda akan lebih mudah untuk menyimpan dan mengakses barang-barang yang sedang Anda butuhkan.

Bahkan, fungsi lainnya sebagai tempat laundry tentunya akan membuat Anda merasa nyaman disaat mencuci sambil mendengarkan musik atau menonton TV di ruang tamu.

d. Ruang Ruang Tamu, Bermain & Hiburan

Kombinasi tripel ini bekerja dengan baik jika Anda mempunyai ruang tamu yang berukuran luas.

Ruang tamu, bermain dan hiburan adalah tempat dimana Anda dan keluarga bisa bersenang-senang disini.

Dengan mengaplikasikan tiga fungsi pada ruang ini artinya Anda akan membuat kebahagiaan bagi penghuni rumah, tamu, dan juga anak secara bersamaan.

Anda bisa memasang sistem home theater, lalu kemudian menambahkan sofa modular maupun meja kopi.

Dengan cara ini, ruang tamu akan menjadi pusat entertaintment bagi semua orang yang datang berkunjung ke rumah Anda. Asyik.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.