4 Pakem Yang Layak Kamu Tahu Tentang Desain Ruang Tamu Minimalis Modern



Eksterior rumah bergaya minimalis modern pun harus didukung dengan desain dan penataan di bagian interiornya.

Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan supaya rumah hunian juga terlihat serasi dan nyaman untuk ditinggali oleh keluarga.

Tentunya semua ruang dirumah hunian sebenarnya layak untuk mendapatkan desain dan penataan disetiap bagian interior.

Namun, kali ini kita akan berfokus pada ruang tamu, karena di ruang inilah gerbang awal yang menunjukkan seperti apa hunian tersebut.

Karena hal inilah, Sahabat RenovAsik layak tahu tentang pakem-pakem desain ruang tamu minimalis modern untuk menjadikannya tampil memikat.

Langsung saja, berikut empat pakem yang perlu Kamu perhatikan saat membuat desain ruang tamu minimalis modern ini.

1. Ruang Tamu Berkonsep Open Space

Untuk menghemat ruang dan memberi kesan lega, umumnya ruang tamu bergaya minimalis modern dibuat menyatu dengan ruang keluarga.

Dengan begitu, desain open space (ruang terbuka) tanpa dinding membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi ruangan ini.

Jika pun ingin menggunakan pembatas, Kamu bisa menggunakan rak atau sekat yang terbuat dari kayu, tirai kain atau hiasan untuk membuat ruang tetap terlihat luas.

Tapi selalu ingatlah hal ini, sesuaikan pilihan warna dan bahan furnitur yang digunakan supaya terlihat serasi dengan tema ruangan.

2. Jenis Model, Warna & Ukuran Meja Kursi Tamu

Untuk rumah minimalis modern, Kamu bisa memilih kursi sofa dan meja yang juga bergaya minimalis untuk ruang tamu di rumah hunian.

Apa pasal? Karena umumnya, sofa seperti ini lebih menonjolkan fungsi tanpa banyak ornamen yang terlalu ramai menyertainya.

Bahan material dari kaca dan aluminum juga akan lebih mudah dalam menonjolkan gaya minimalis yang kuat pada ruang tamu.

Lalu kemudian, upayakan agar sofa dan ruang tamu terlihat 'ringan' dan tak membuat kesan ruang tamu yang terlalu sesak.

Kamu bisa menggunakan meja kaca dan memilih warna yang netral dan senada dengan warna dinding atau interior perabotan lainnya.

3. Penggunaan Perabotan Multifungsi

Selain dapat menghemat tempat, perabotan multifungsi juga menjadi karakter pendukung yang dibutuhkan pada rumah bergaya minimalis.

Kamu bisa memanfaatkan sofa yang memiliki laci, yang bisa ditarik menjadi tempat penyimpanan pada bagian bawah kursi.

Atau, mengoptimalkan penggunaan sofa bed, kursi tamu yang bisa juga dialihfungsikan sebagai tempat tidur alternatif bagi tamu.

Selanjutnya, alih-alih menggunakan meja sudut, Kamu juga bisa memasang rak tinggi dan meletakkan meja lipat untuk menghemat ruang.

4. Model Karpet, Ukuran, Warna & Motifnya

Guna lebih menguatkan kesan minimalis, jika Kamu ingin menutup seluruh lantai ruangan dengan permadani, pilihlah karpet yang tidak bermotif.

Upayakan untuk memilih karpet bermotif polos yang berwarna natural, dan sesuai dengan tema dan warna dinding ruang tamu.

Tapi sebaliknya, jika ingin menggunakan karpet bermotif, alangkah lebih baik jika Kamu memilih karpet berukuran seluas dengan meja tamu.

Namun tetap yaa..., pilihlah motif yang tidak terlalu ramai dan berwarna natural sesuai dengan warna sofa atau kursi tamu.

Misalnya, dengan memilih motif asimetris, bergaya modern atau abstrak. Hal ini dapat menimbulkan kesan gaya minimalis modern yang kuat.

Nah,

Itulah empat hal yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan desain ruang tamu minimalis moderns.

Coba Sahabat RenovAsik lihat ruang tamu yang ada sekarang, apakah ada yang belum sesuai dengan pakem-pakem di atas?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.