4 Faktor Untuk Menentukan Lokasi Gudang Penyimpanan Secara Tepat



Sahabat pasti juga setuju kan, jika tempat penyimpanan mempunyai peran yang sangat besar dalam dunia perdagangan?

Bangunan yang umumnya berupa ruang kosong ini digunakan untuk menyortir, mengolah, mengemas maupun menyimpan produk sebelum didistribusikan.

Karena aktivitas tersebut, stok produk membutuhkan pengaturan serta peninjauan yang tepat supaya bisa mempertahankan kualitas produk.

Dengan demikian, lokasi gudang pun jadi hal yang sangat menentukan, baik untuk besarnya biaya serta keuntungan yang akan diperoleh kelak.

Jika gudang penyimpanan produk bertambah, maka biaya operasional pun turut meningkat, tapi kelebihannya produk akan sampai lebih cepat ke tangan pelanggan.

Oleh karena itu, dibutuhkan perhitungan yang cukup matang sebelum Anda atau perusahaan menentukan lokasi gudang penyimpanan.

Menentukan lokasi gudang penyimpanan tentu saja tidak bisa dilakukan secara serampangan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan guna menekan dana operasional.

Dan berikut telah RenovAsik rangkum 4 faktor untuk menentukan lokasi Gudang penyimpanan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Faktor Eksternal

Sebelum menentukan lokasi tempat gudang penyimpanan, pastikan Anda telah mempelajari berbagai kebijakan pemerintah tentang industri terkait.

Pahamilah bagaimana pemetaan wilayah industri beserta semua perencanaan pembangunan di sekitar lokasi Gudang akan dibangun.

Karena apa? Stabilitas lingkungan akan menjadi faktor penentu bagi kelancaran, keamanan dan operasional dari usaha yang dijalankan.

Sedapat mungkin hindari lokasi yang rawan bencana untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

2. Pertimbangan Berbagai Biaya

Mempertimbangkan dana atau bujet pembangunan maupun renovasi juga adalah hal yang tidak kalah penting sebelum menentukan lokasi gudang penyimpanan.

Hitung secara matang, dan jangan sampai jumlah biaya yang akan dikeluarkan ternyata lebih tinggi dari dana yang tersedia.

Tapi layak diingat, harga yang tinggi umumnya memang sebanding dengan tingkat kestrategisan suatu lokasi. Jadi, renungkanlah juga secara matang.

Selain dana, standar upah para pekerja pun perlu diperhitungkan, juga ditambah biaya transportasi logistik, pajak, kebutuhan listrik dan air serta biaya lainnya.

3. Kualitas Infrastruktur

Pilihlah lokasi yang mudah terjangkau sarana transportasi, contohnya lokasi Gudang yang dekat dengan akses jalan raya maupun tol.

Selain itu pertimbangkan juga tentang ukuran lebar jalan yang dibutuhkan dan kekuatannya dalam menahan beban produk disaat distribusi.

Ada baiknya memilih lokasi yang berdekatan dengan area transit seperti terminal, bandara ataupun pelabuhan supaya menghindari keterlambatan pengiriman.

Disisi lain, lokasi dengan jaringan internet yang stabil serta ketersediaan aliran listrik dan sumber air yang memadai juga akan menjadi pertimbangan penting dalam menentukan lokasi gudang penyimpanan.

4. Jarak Dengan Pasar

Jarak dengan pasar, apa maksudnya? Yang dimaksud dengan pasar di sini adalah tentang permintaan (demand) dari konsumen.

Jika produk perusahan atau bisnis usaha berupa makanan, carilah lokasi gudang penyimpanan di kota-kota besar yang padat penduduk.

Atau, jika produk berupa olahan mentah seperti daging ayam, daging sapi, udang atau ikan, maka carilah lokasi yang dekat dengan pasar tradisional.

Hal ini akan mempermudah, mempercepat dan memastikan kemudahan proses distribusi produk hingga ke tangan konsumen.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.