4 Cara Praktis Mengoptimalkan Ruang Makan Berukuran Mungil di Rumah Tipe 21



Pastinya, sebagian besar Sahabat disini sudah tahu yaa, jika ruang makan adalah lokasi yang cukup penting bagi seluruh anggota keluarga, alasannya cukup sederhana, karena sebagian besarnya, kita juga melakukan aktivitas di tempat ini.

Di kota-kota besar, keterbatasan lahan, umumnya membuat desain ruang makan saat ini menjadi berukuran mungil dan terpadu, contohnya, untuk ruang makan di rumah tipe 21 dibuat secara minimalis karena mengikuti bentuk lahan tanah yang tersedia.

Nah, untuk bisa mengakomodasi kebutuhan kegiatan penghuni dengan maksimal, tentunya diperlukan kecerdasan penghuni dalam membuat dekorasi ruang makan berukuran mungil ini menjadi optimal.

Sebenarnya, kuncinya cukup mudah, penghuni hanya perlu mempertimbangkan bagaimana cara memaksimalkan ketersediaan ruang dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dengan cara mengelola area ruang makan di rumah tipe 21 ini.

Untuk lebih detailnya, yuk simak cara praktis ala RenovAsik dalam mengoptimalkan ruang makan berukuran mungil di rumah tipe 21 berikut ini.

Menggunakan Furnitur Portable & Multifungsi

Cara praktis yang pertama untuk menyiasati ruang makan berukuran mungil adalah dengan memilih dan menggunakan perabotan atau furnitur portable serta multifungsi.

Contohnya, disini Sahabat bisa menggunakan meja yang bisa dilipat untuk mengisi area ruang makan maupun dapur minimalis dirumah hunian Anda.

Dan untuk lebih melengkapinya, Anda pun bisa menggunakan kursi multifungsi yang bisa diubah menjadi tangga kecil untuk membantu Anda untuk mengambil perabotan makan yang ditempatkan di rak dinding.

Dengan cara-cara sederhana ini saja, Anda bisa menghemat penggunaan ruang di tempat dimana anggota keluarga biasanya berkumpul ini.

Menerapkan Konsep Rumah Makan Lesehan

Untuk membuat lokasi ruang makan terkesan lebih luas dan tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghadirkan nuansa warung makan berkonsep lesehan.

Tipsnya, Anda bisa menggunakan meja makan berkaki pendek, karpet serta bantal cushion untuk mendapatkan kenyamanan lebih disaat sedang menyantap hidangan.

Mengatur Pencahayaan Secara Tepat

Sudah beberapa kali RenovAsik selalu menekankan di beberapa artikel terdahulu, bahwa tata cahaya bisa mempengaruhi kesan pada ruangan, termasuk di ruang makan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan ruangan yang terkesan lebih luas, aturlah pencahayaaan agar merata menerangi area ruang makan minimalis di rumah Anda.

Mengaplikasikan Konsep “Less is More”

Untuk mengoptimalkan area pada ruang makan berkuran mungil di rumah tipe 21, ada baiknya jika Anda tidak menambahkan banyak ornamen diruang tersebut.

Aplikasikanlah konsep “less is more” pada interior ruang makan Anda. Jika penempatan ruang makan menyatu dengan area dapur, Anda bisa menggunakan lemari kabinet atau rak yang menempel pada dinding.

Dengan cara ini, ruang makan akan tampak terasa lebih luas dan lega.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.