3 Tips Untuk Mendekorasi Ruang Tamu Supaya Yang Datang Berkunjung Semakin Betah



Ruang tamu adalah sebuah ruangan yang vital pada semua rumah hunian. Di tempat inilah, Anda akan menjamu mereka yang datang berkunjung sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga.

Umumnya, ruang tamu terletak di bagian depan. Jadi terlihat langsung ketika ada yang datang berkunjung. Untuk alasan inilah, elemen dekorasinya harus tertata secara apik.

Dan jika Sahabat Renovasik ingin memastikan bahwa ruang tamu terlihat menawan dan membuat yang datang berkunjung semakin betah, maka perhatikanlah hal apa saja yang harus dilakukan maupun dihindari.

Untuk itu, dilansir dari laman The Spruce, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang tamu lebih menawan:

Buat Prioritas Anggaran

Tentu saja, anggaran adalah hal penting pertama yang wajib Anda pertimbangkan sebelum mendekorasi seluruh bagian dari rumah hunian, termasuk ruang tamu.

Kebanyakan orang ingin menempatkan furnitur yang cantik dan tahan lama pada ruang tamu. Salah satu item dekorasi yang bisa melengkapinya adalah sofa.

Sayangnya, sofa memiliki harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki uang yang banyak dan berlebih, belilah sofa berkualitas terbaik yang bisa awet dan tahan hingga 10-20 tahun.

Sebaliknya, jika tidak memiliki budget yang cukup, Anda dapat memilih alternatif lainnya. Contohnya, membeli sofa yang terbuat dari material yang lebih terjangkau seperti dari kayu atau bambu.

Tipsnya, jangan takut mengkombinasikan furnitur berharga tinggi dengan yang lebih rendah. Lakukan mix and match agar dekorasi ruang tamu semakin terlihat menawan.

Memilih Furnitur Yang Tepat

Pemilihan jenis furnitur, bantal, karpet hingga pajangan karya seni dapat mengatur bagaimana suasana terlihat pada suatu ruangan.

Apakah ruangan mengusung konsep tradisional, kontemporer atau modern? semuanya akan didukung oleh pemilihan perabotan dan aksesoris yang tepat.

Jadi, jika Anda adalah penyuka jenis ruang tamu tertentu, pilihlah furnitur yang juga sesuai dan mendukung gaya yang Anda inginkan.

Contohnya, jika Anda ingin mendesain ruang tamu dengan suasana modern maka Anda bisa memilih jenis furnitur dan perangkat yang juga bergaya kekinian.

Misalnya mulai dari pemilihan sofa, sarung bantal kursi dengan lapisan kulit dengan berbagai motif modern elegan, yang digabungkan dengan elemen-elemen dekorasi masa kini.

O ya, umumnya orang gemar menutup lantai ruang tamu dengan karpet. Saran dari Renovasik, hindari memilih karpet yang berukuran terlalu kecil. Pastikan semua perabot terlihat pas saat diletakkan pada karpet.

Lalu, agar ruangan semakin nyaman dilihat, jangan letakkan pajangan karya seni atau hiasan dinding pada area lokasi yang terlalu tinggi.

Atur Pencahayaan

Pertimbangkan untuk mengkombinasikan pencahayaan ruang tamu dengan menggunakan berbagai jenis lampu, contohnya overhead, ambient dan task lighting.

Anda pun bisa mengoptimalkan penggunaan lampu meja, lampu lantai, sconce atau lainnya untuk memaksimalkan pencahayaan, terutama untuk malam hari. 

Pastikan untuk menggunakan pencahayaan campuran. Hal ini akan memberikan dan membuat ruangan menjadi terlihat lebih terang.

Terakhir dan tidak kalah penting, Anda pun bisa menggunakan sakelar peredup untuk mengatur intensitas cahaya pada ruang tamu di rumah.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.