3 Model Railing Tangga Kaca Yang Bisa Bikin Rumah Kamu Makin Keren



Bagi rumah bertingkat, installasi railing tangga atau pegangan tangga adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan.

Apa alasannya? Railing tangga berfungsi untuk melindungi Kamu dan seluruh anggota keluarga lainnya dari terjatuh, terutama anak-anak.

Selain bisa membuat tangga menjadi lebih aman, railing tangga juga dapat digunakan untuk menambah nilai keindahan pada ruangan.

Dan tentu saja, hal inilah yang juga akan sangat mempengaruhi bagaimana tampilan dari keseluruhan desain interior di rumah Kamu.

Ada banyak jenis desain railing tangga yang bisa Kamu aplikasikan dalam sebuah rumah, salah satunya adalah railing tangga kaca.

Nah, jika ada diantara Sahabat RenovAsik disini yang tertarik untuk mengaplikasikan railing tangga kaca, ada tiga model yang bisa dijadikan pilihan..

Namun, sebelum kita mengulasnya, yuk kita simak dulu kelebihan dan kekurangan railing tangga kaca ini.

Kelebihan Railing Tangga Kaca

Namanya railing tangga kaca, tentu saja terbuat dari bahan atau material kaca. Inilah yang membuatnya memiliki tampilan yang transparan .

Karena tampilannya yang transparan, railing tangga kaca bisa memberikan kesan yang bersih, minimalis dan sekaligus modern.

Inilah yang membuat railing ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah yang bergaya minimalis modern yang trendi.

Kelebihan lainnya, karena terbuat dari bahan material kaca transparan, railing tangga kaca bisa menciptakan kesan ruangan menjadi lebih luas.

Kekurangan Railing Tangga Kaca

Di sisi lain, railing tangga kaca juga memiliki kekurangan. Kelemahan utamanya yaitu mudah pecah, karena materialnya terbuat dari kaca.

Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat berbahaya bagi keselamatan dan perlindungan seluruh anggota keluarga di rumah.

Meski demikian, Kamu tetap dapat meminimalisir hal tersebut dengan memilih material kaca yang tepat untuk tangga di rumah Kamu.

Contohnya, kaca tempered dan kaca laminasi adalah dua material kaca yang cocok untuk dijadikan sebagai railing tangga kaca.

Kaca tempered dinilai lebih kuat karena dalam pembuatannya, material kaca ini melalui proses pemanasan dan pendinginan secara tepat

Proses dari keduanyalah yang membuat kaca ini menjadi lebih kuat dalam menahan beban dari kaca biasa. Bahkan, tahan terhadap benturan.

Jika pecah pun, pecahan kaca tempered juga terbilang cukup aman, karena akan hancur dalam bentuk pecahan kecil, bulat dan tumpul.

Selain itu, kaca tempered juga bisa memberikan kesan elegan dan modern pada sebuah ruang, yang tentu saja bisa menambah nilai estetika.

Sementara lainnya, kaca laminasi adalah material kaca yang mengkombinasikan dua atau lebih kaca yang dilapisi oleh interlayer film PVB (Polyvinyl Butyral).

Lapisan interlayer film inilah yang akan menjaga supaya kaca tetap terikat satu sama lain, bahkan meski disaat mereka pecah.

Inilah yang membuat kaca laminasi menjadi salah satu material kaca yang cukup diandalkan untuk railing tangga kaca.

3 Model Railing Tangga Kaca

Railing Tangga Kaca Kombinasi Kayu

Yang pertama adalah Railing tangga kaca yang dipadukan dengan material kayu, umumnya diletakkan pada bagian handrail maupun pijakan tangga,

Kombinasi kayu ini akan membuat desain tangga tampak begitu bergaya minimalis modern. Dan menciptakan kesan hangat dan natural.

Railing Tangga Kaca Tanpa Bingkai

Jika Kamu ingin menciptakan konsep rumah futuristik dengan railing tangga kaca yang lebih minimalis, Kamu bisa membuat railing tangga kaca tanpa bingkai.

Selain menjadikan rumah terlihat semakin minimalis modern, desain railing tangga kaca seperti ini juga bisa menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan bersih.

Railing Tangga Kaca Kombinasi Stainless Steel Hitam

Selain cocok dipadukan dengan material kayu, railing tangga kaca juga cocok dipadukan dengan material stainless steel.

Material stainless steel digunakan untuk menciptakan kesan dan nuansa rumah yang lebih modern dan elegan.

Untuk lebih menghadirkan sentuhan industrial, Kamu bisa memadukan railing tangga kaca dengan material stainless steel berwarna hitam.

Pada akhirnya,

Tetap harus diingat, permukaan kaca yang mudah tergores bisa merusak tampilan. Begitupun juga dengan pemasangannya yang salah, bisa menjadi kelemahan dari railing tangga kaca ini.

Oleh sebab itu, serahkan pemasangan railing tangga kaca kepada mereka yang profesional dalam hal installasi jenis tangga ini.

Hal ini tentu saja untuk mencegah kaca pecah, yang bisa membahayakan keselamatan Kamu dan seluruh anggota keluarga.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.