3 Langkah Penting Sebelum Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap Rumah



Menginstall Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap rumah menjadi fokus perhatian banyak orang seiring dengan terjadinya perubahan iklim.

Sebab, penggunaan PLTS bisa menekan efek dari pemanasan global sampai dengan menghemat besarnya biaya tagihan listrik di rumah.

Meski mempunyai manfaat yang menarik, masyarakat pun perlu memahami beberapa hal sebelum memasang PLTS ini di atap rumah.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah besarnya biaya pemasangan PLTS. Tetapi, sesungguhnya masih ada hal lain yang perlu dipersiapkan.

Salah satunya adalah, memeriksa kesiapan lokasi atau tempat untuk pemasangan panel surya sebagai hal yang pertama dan paling utama.

Kenapa? Tujuannya adalah untuk menilai apakah lokasi tersebut sudah sesuai sebagai area untuk pemasangan panel surya atau tidak.

Oleh karena, tanpa perlu berbasa-basi lagi, RenovAsik akan sajikan 3 langkah penting sebelum memasang pembangkit listrik tenaga surya di atap rumah.

1. Analisa Orientasi & Luas Atap

Umumnya, seluruh luas atap bisa dimanfaatkan sebagai tempat instalasi PLTS. Namun, tidak semua luasan atap bisa digunakan secara efektif.

Pasalnya, orientasi atap tertentu memungkinkan efek bayangan yang timbul karenanya, contohnya, pada atap prisma yang bisa mengurangi efektifitas kinerja panel surya.

Selain itu, atap yang sudah penuh dengan peralatan pendukung seperti tangki air, kompresor AC, menara komunikasi dan lainnya pun kurang mendukung untuk digunakan sebagai lokasi pemasangan PLTS.

2. Pemeriksaan Kekuatan Struktur

Analisa struktur atap, dinding atau area pemasangan panel surya juga perlu dilakukan untuk menilai apakah lokasi tersebut sudah memadai atau tidak dalam installasi PLTS.

Contohnya, dengan mengecek apakah atap telah layak sebagai tempat untuk digunakan sebagai penahan beban rangkaian modul surya (panel surya) yang akan dipasang disana.

3. Analisis bayangan

Shading analysis ini bertujuan untuk menganalisa apakah pancaran sinar matahari yang jatuh ke modul surya, tidak akan terhalang oleh objek-objek di sekitarnya.

Contohnya saja seperti bayangan dari bangunan lain seperti pohon, maupun bayangan dari pembangkit listrik tenaga surya itu sendiri.

Kamu pastinya tidak mau kan jika Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang tidak bekerja secara optimal, kan?

Nah, sebagai akhir kata…
Sekarang, Sahabat RenovAsik sudah siap untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya di atap rumah kalian. Semoga bermanfaat.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.