3 Keuntungan Penggunaan Fulfillment Center Jika Dibandingkan Gudang Konvensional



Mungkin ada Sahabat disini yang masih bertanya-tanya, apa sih yang membedakan Gudang konvensional dengan fulfillment center.

Meski banyak yang berpendapat jika keduanya sama, namun layak diketahui, ternyata mereka memiliki konotasi yang berbeda.

Memang, semuanya sama-sama bentuk penyimpanan inventaris bagi bisnis, tapi keduanya memiliki perbedaan dalam penggunaan dan layanan.

Dan kali ini, RenovAsik akan mengulas perbedaannya…

Gudang Konvensional

Jika berbicara tentang Gudang, pasti Anda akan mempersepsikannya sebagai sebuah lokasi penyimpanan barang untuk jangka waktu tertentu.

Gudang sendiri diartikan sebagai pusat penyimpanan atau ruang industri yang didesain khusus untuk menampung inventaris dalam jumlah yang besar.

Di lokasi Gudang, Anda akan melihat bagaimana kegiatan peralatan berat dengan rak yang menumpuk tinggi dan sejumlah barang di dalamnya.

Gudang ini dapat dimanfaatkan bagi bisnis yang berfokus pada pesanan atau order grosir atau B2B (Business To Business) dalam jumlah yang besar.

Disisi lain, umumnya, pihak pengecer pun mempunyai gudang sendiri untuk menampung persediaan produk atau barang sebagai cadangan.

Sementara,…

Di era digital seperti saat ini, sebagian Pengusaha memilih untuk menyewa ruang gudang bersamaan dengan tumbuhnya bisnis e-commerce lainnya.

Dan bagi mereka, menyewa gudang dianggap jauh lebih hemat jika dibandingkan harus membeli dan membangun disuatu lokasi.

3 Keuntungan Menggunakan Fulfillment Center

Mungkin ada Sahabat disini yang bertanya-tanya kenapa harus menggunakan fulfillment center didalam bisnis, apa fungsi dan manfaatnya?

Berdasar ulasan RenovAsik sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa fulfillment center dianggap sebagai sebuah solusi transaksi jual beli online.

Fulfillment center akan memudahkan pelaku bisnis online dalam pengelolaan barang ketika berada di gudang, dari pengemasan hingga pengiriman.

Dan berikut ini adalah 3 keuntungan dalam menggunakan jasa fulfillment:

1. Memudahkan Pengiriman

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari layanan fulfillment center adalah kemudahan dalam proses pengiriman pesanan ke pelanggan.

Karena seperti yang sudah diketahui dalam artikel sebelumnya, pihak gudang sudah bekerjasama dengan berbagai pihak jasa pengiriman.

Dengan begitu, prosesnya pun akan bergerak dengan lebih cepat dan aman, selain itu jangkauannya juga menjadi lebih luas.

2. Menghemat Biaya Gudang

Dengan menggunakan jasa fulfillment center, para Pebisnis yang hendak memasuki era digital bisa lebih menghemat biaya pengeluaran usaha.

Apa pasal? Karena mereka tidak perlu membangun lokasi khusus untuk difungsikan sebagai lokasi gudang penyimpanan.

3. Mendapatkan Sistem First In First Out

Bukan hanya menawarkan biaya pergudangan yang terjangkau saja, fulfillment center juga menyediakan sistem pengelolaan yang profesional.

Hal ini akan membantu banyak para pengusaha untuk mengelola produk yang datang lebih awal untuk keluar lebih dulu dibandingkan yang lain.

Jadi, adakah Sahabat RenovAsik yang melihat peluang untuk membangun Fulfillment Center dan memajukan bisnis online di Indonesia?


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.