3 Fungsi Gudang Sebagai Fulfillment Center Didalam Bisnis Online



Kemajuan teknologi memudahkan siapa pun, dimanapun untuk mengembangkan bisnis online meskipun hanya dengan bekerja dari rumah.

Bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online seperti e-commerce secara efisien, tentu Gudang sebagai fulfillment center bisa menjadi solusi.

Adanya gudang bersama ini, pastinya Anda akan sangat dimudahkan dalam melakukan aktivitas pengemasan hingga pengiriman barang.

Selain menghemat biaya, manajemen inventaris yang baik pada fulfillment center juga bisa memberikan data yang akurat bagi pelaku bisnis.

Tetapi, selain menawarkan berbagai kelebihan, fulfillment center juga memiliki beberapa fungsi dalam bisnis online yang layak Anda ketahui…

Apa saja ketiga hal tersebut? Mari Sahabat RenovAsik, kita baca dalam ulasan spesial artikel ini.

1. Penyimpanan Produk Dengan Stock Management

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu faktor penting dalam distribusi adalah manajemen gudang dan penyimpanan produk.

Maka, dengan menggunakan stok manajemen yang baik, maka semua data yang dibutuhkan pengusaha akan tercatat secara menyeluruh.

Disisi lain, dengan adanya perhitungan yang jelas seperti ini, akurasi dan kalkulasi produk pun akan semakin matang…

Produk yang nantinya akan diisi ulang (restock) dengan produk yang sesuai pun akan dapat terlihat lebih gamblang atau jelas.

2. Pengemasan & Pengiriman Produk

Salah satu fasilitas yang disediakan didalam aktivitas Gudang sebagai fulfillment center adalah jasa pengemasan (Packing).

Hal ini tentu akan mengurangi beban biaya Sumber Daya Manusia (SDM) yang biasanya diberikan kepada staf gudang pribadi.

Dengan memanfaatkan fulfillment dalam bisnis, maka Para pengusaha pun akan bisa lebih menghemat biaya yang sebelumnya dikhususkan bagi karyawan.

Mulai dari kepala gudang sampai ke staf pengemasan & pengiriman. Terlebih jika perusahaan dalam keadaan full order yang membutuhkan banyak tenaga ekstra.

3. Order Fulfillment

Dalam kegiatan fulfillment, order yang diminta oleh pelaku bisnis e-commerce meliputi serangkaian proses pemenuhan permintaan konsumen.

Yakni dimulai dari proses penerimaan pesanan, persiapan, pengemasan produk, hingga pengiriman produk ke tangan konsumen.

Jadi Pengusaha tidak perlu lagi khawatir terkait dengan proses penyimpanan, pengambilan, pengemasan hingga ke urusan distribusinya.

Selain itu, adanya manajemen gudang sebagai fulfillment center juga akan meningkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap perusahaan.


© RenovAsik. 2020 All rights reserved.