Renovasik - Urusan Renovasi Jadi Asik

Inilah Cara Membuat Rumah Lebih Harmonis Menggunakan 5 Elemen Dalam Feng Shui

Pastinya sekarang sudah banyak orang yaa yang familiar dengan prinsip-prinsip dasar Feng Shui dalam menata rumah.

Bahkan, di artikel sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana Ilmu Cina ini mempengaruhi keberuntungan di tahun 2023.

Pada ulasan yang lalu juga pembaca pun sudah dapat mengetahui secara sekilas tentang elemen-elemen yang mendasari ilmu asal Tiongkok ini.  

Lima elemen dalam feng shui tersebut bisa membantu Anda secara estetik maupun energik, untuk menegaskan kendali dan ketenangan atas ruangan.

Feng shui, menggunakan unsur-unsur tanah, air, api, logam dan kayu untuk membawa rasa hormat yang penuh kasih terhadap alam.

Kali ini, RenovAsik akan mengulas lima elemen ini dan bagaimana menggunakannya untuk menjadikan rumah menjadi lebih memikat.

Supaya apa apa? Supaya tempat tinggal menjadi lokasi yang penuh dengan kegembiraan, cinta, kesenangan, kelimpahan dan kesuksesan.

1. Tanah (Bumi)
Jika berniat menata sebuah ruangan, sebaiknya Anda memulai dari bagian bawah terlebih dahulu dan baru kemudian kebagian atas.

Untuk itu, mari kita mulai dari elemen tanah. Elemen ini dipahami sebagai unsur dasar yang membantu membumikan suatu ruangan.

Tahukah Anda? Pada dasarnya, elemen tanah berkaitan dengan perawatan diri, makanan, kerendahan hati dan stabilitas.

Jadi, karakter benda yang digunakan cenderung persegi, datar atau berat dan memiliki unsur warna bumi seperti cokelat, kuning, nude dll.

Permadani persegi, meja kopi pendek atau meja yang kuat kokoh berfungsi dengan baik untuk membantu menstabilkan desain ruangan mana pun.

Secara harfiah, bebatuan, kristal dan citra lanskap juga menambahkan elemen bumi ke dalam ruangan. Elemen ini pun bekerja sangat baik didalam ruang kamar tidur.

2. Logam
Logam menyimbolkan logika, kecerdasan dan presisi. Elemen ini juga dikenal sebagai pendukung ilmu pengetahuan dan ketajaman mental.

Disisi lain, unsur logam pun sangat direkomendasikan untuk mensupport kegembiraan dan keindahan dalam suatu ruang.

Saat ini, mudah untuk menambahkan elemen "logam" kedalam ruangan. Anda tinggal berfokus pada warna putih, metalik maupun abu-abu.

Jika Anda bisa, temukan juga sesuatu yang berbentuk bulat seperti baki batang logam bundar, bingkai dinding atau mangkuk dekoratif.

Apa pun benda yang Anda pilih untuk menghiasi ruangan, pastikan barang-barang tersebut tetap bersih dan berkilau.

3. Air
Elemen air mewakili hikmat dan kebijaksanaan yang dalam, ketenangan dan keterhubungan, baik antar alam maupun sesama.

Air menawarkan relaksasi dan menjernihkan pikiran. Bentuk hitam, biru tua dan bergelombang berfungsi sebagai elemen air dalam desain rumah.

Secara harfiah, Anda bisa menambahkan sebuah kolam air mancur mungil atau akuarium ke dalam sebuah ruangan.

Namun, sebuah karya seni seperti gambar laut, atau pemandangan pantai pun bisa dimanfaatkan sebagai salah satu unsur elemen ini.

Disisi lain, cermin atau barang-barang yang memiliki permukaan reflektif atau memantul lainnya juga berfungsi sebagai elemen air.

Di ruang kamar mandi, saluran pembuangan cenderung menarik energi ke bawah dan keluar. Jadi, seimbangkan alirannya dengan menutup pintu dan dudukan toilet.

4. Kayu
Bawalah kearifan yang dihadirkan oleh pepohonan ke dalam interior rumah dan ruangan melalui unsur atau elemen kayu.

Kayu terhubung dengan pertumbuhan, penyembuhan, perluasan dan vitalitas. Hal ini akan mendorong pertumbuhan pribadi, terutama di ruang tamu ataupun kantor.

Warna kayu seringkali diwakili oleh hijau, biru dan teal, serta bentuk kolom yang tinggi menjulang.

Tanaman hias berwarna hijau adalah cara yang sangat mendukung untuk memperkenalkan elemen kayu kedalam rumah hunian.

Elemen ini dikenal sebagai penyeimbang elemen air dan menjaga supaya elemen tanah tidak mendominasi dalam sebuah ruangan.

5. Api
Kehidupan yang dijalani dengan baik, tidak akan pernah seimbang jika tidak ada percikan semangat, inspirasi dan visibilitas.

Disinilah elemen api berperan didalam sebuah ruangan. Unsur ini mewakili transformasi, ekspansi dan volatilitas.

Terlalu banyak api akan menjadikan ruangan menjadi kacau. Namun, jumlah yang tepat akan membantu membakar api semangat dalam beraktivitas.

Elemen api sangat terkait dengan warna yang membara seperti merah dan jingga cerah, serta sesuatu atau benda yang berbentuk segitiga.

Cahaya pun sangat terkait dengan api. Maka lilin, lampu dan sumber cahaya lainnya bisa membantu ruangan tampil lebih cantik dengan unsur ini.