Renovasik - Urusan Renovasi Jadi Asik

Ingin Apartemen Tampil Elegan? Terapkan Gaya Desain Interior Eklektik Kontemporer!

Ingin menerapkan gaya yang berbeda, unik namun tetap elegan pada apartemen Anda? Salah satu gaya desain interior yang dapat Anda terapkan pada apartemen adalah gaya desain interior eklektik kontemporer. Eklektik sendiri adalah desain yang basic-nya adalah kombinasi dari beberapa gaya desain yang disatukan sekaligus, sedangkan kontemporer adalah gaya desain yang mewakili gaya yang sedang trending pada saat ini.

Desain interior apartemen bergaya eklektik kontemporer sangatlah unik dan berkarakter. Jadi, meski desainnya adalah kombinasi dari beberapa gaya desain yang disatukan, namun dari sisi interior, ruang apartemen akan tetap terlihat serasi, elegan dan bahkan tampak mewah.

Lalu seperti apa sih konsep yang bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan gaya desain interior ekletik kontemporer? Tak perlu berlama-lama lagi, yuk, ikuti report dari Renovasik kali ini.

Interior Yang Penuh Dengan Motif dan Detail

Benar, Anda dapat melihat penggunaan dekorasi yang penuh dengan motif dan detail yang sangat dominan pada interior apartemen bergaya eklektik. Disaat masuk kedalamnya, Anda akan serasa dibawa kedalam ruang pameran yang penuh dengan detail motif yang menawan. Faktanya, hal ini akan tampak jelas saat Anda melihat ruang apartemen yang dipenuhi dengan hadirnya perabotan bermotif dan berukir yang detail, yang dihiasi dengan bantal maupun cushion sofa bermotif mewah.

Tidak hanya itu, Anda pun akan melihat motif yang digunakan pada bantal sofa, kursi hingga karpet pun terkesan kontras dan bertabrakan karena mereka memiliki keunikannya masing-masing. Namun, karena pemilihan motif dan warna yang cenderung cerdas dari gaya ini justru membuat ruangan terlihat glamor dan elegan.

Kombinasi Warna-Warna Cerah

Apartemen bergaya eklektik jauh dari kesan yang menjemukan. Ini dikarenakan karena gaya ini menggunakan kombinasi dari warna-warna cerah dalam satu ruangan. Kombinasi dari warna-warna ini memang menjadi salah satu karakter unik dari desain interior eklektik. Jadi, meskipun seolah kontras dan bertabrakan satu sama lain, namun kombinasi warna-warna ini menjadi keunikan tersendiri yang menjadikannya memiliki nilai seni yang tinggi.

Tidak hanya pada dinding, kombinasi warna-warna cerah tersebut juga bisa Anda temukan pada perabotan-perabotan yang ada, misalnya pada warna gorden sampai furnitur.

Furnitur Yang Penuh Keindahan Namun Tetap Fungsional

Tidak hanya mengutamakan pemanfaatan perabot yang bernuansa indah, desain ruangan bergaya eklektik juga identik dengan penggunaan perabot yang praktis dan fungsional. Untuk membuatnya semakin indah, Anda dapat mengkombinasikan antara perabotan vintage dan modern, misalnya, dengan penggunaan kursi rotan pada meja makan, lalu dipadukan dengan rak gantung melayang dan kitchen set modern.

Penggunaan Lantai Kayu Atau Lantai Parket

Meskipun gaya eklektik didominasi oleh dekorasi serta perabotan yang bernilai seni tinggi, namun jika Anda perhatikan lebih jauh, ada karakter istimewa yang pada umumnya selalu diaplikasikan pada bagian lantainya, yaitu penggunaan material kayu atau lantai parket pada sisi lantai yang terkadang selalu dihiasi dengan karpet khas bergaya atau bermotif asia seperti India atau Turki.

Wallpaper Cantik Pada Dinding Ruangan

Selain pada lantai dan furnitur, dinding pada desain apartemen bergaya eklektik seringkali dihias dengan menggunakan wallpaper cantik. Pada umumnya, gaya eklektik kerapkali menggunakan wallpaper hias dengan warna dasar cerah seperti kuning, cokelat, putih maupun biru. Sebagai pemanfaatan lainnya, wallpaper cantik ini pun dapat menjadi aksen dinding pada ruang kerja di apartemen yang Anda huni.

Konsep Open Plan Layout Yang Fleksibel

Desain interior kontemporer kerapkali mengusung konsep open plan layout yang fleksibel. Pada apartemen yang memiliki luas terbatas, konsep ini dapat memberikan kesan ruangan yang terlihat lapang dan luas. Selain itu, agar ruangan tamu terlihat lebih luas lagi, sekat tembus pandang motif herringbone juga bisa Anda gunakan sebagai pembatas ruang tamu pada apartemen Anda. Tidak hanya itu manfaatnya, sirkulasi udara dan akses cahaya matahari didalam ruangan pun menjadi jauh lebih lancar dengan konsep open plan layout ini.

Kentalnya warna menggenggam peran penting dalam menghasilkan alur yang harmonis terhadap keseluruhan ruang pada apartemen bergaya eklektik kontemporer. Alternatifnya, Anda dapat memilih warna biru sebagai warna aksen pada setiap ruangan. Warna biru inilah yang akan membawa suasana segar ditengah-tengah warna putih, krem dan kayu yang mendominasi apartemen Anda.

Sekarang, apakah ada Sahabat Renovasik disini yang ingin mengaplikasikan gaya eklektik kontemporer pada apartemen?