Renovasik - Urusan Renovasi Jadi Asik

9 Jenis Gudang Berdasarkan Kegunaan – Mulai dari Yang Konvensional Hingga Digital

Sebelum membangun atau merenovasi, tentu Anda harus memahami terlebih dahulu untuk apa tujuan Gudang tersebut, bukan?

Karena tujuan akan menentukan apa kegunaan dari Gudang tersebut, yang tentunya akan berdampak dengan kebiasaan pelanggan.

Nah, berbicara tentang kebiasaan pelanggan, cara membeli yang selalu berubah bisa berdampak besar pada industri penyimpanan.

Berbagai bisnis tentu saja akan memerlukan solusi penyimpanan yang lebih sesuai dalam memenuhi permintaan pelanggan.

Mereka yang ingin mendapatkan layanan dan pengiriman paket secara baik dan cepat tentu akan memengaruhi biaya operasional.

Dan ini artinya, para manajer gudang pun dituntut untuk membuat sebuah keputusan yang tepat untuk menemukan solusinya.

Dan mengetahui kegunaan dari masing-masing Gudang tentunya akan lebih mempermudah proses operasional dari gudang ini.

Apa saja kegunaan umum dari masing-masing Gudang? RenovAsik akan mengulasnya satu persatu dari yang paling awal.

Gudang Sebagai Lokasi Penyimpanan Bahan Baku
Gudang penyimpanan jenis ini digunakan sebagai lokasi untuk menyimpan bahan atau material mentah untuk proses produksi selanjutnya.

Apa sebenarnya yang disimpan didalam gudang bahan baku? Dalam hal ini termasuk seperti pasir, beton, plastik, logam, kakao dan lainnya.

Menariknya, gudang ini biasanya disesuaikan dengan jenis bahan baku yang akan disimpan, dan lokasinya dekat dengan tempat produksi.

Gudang Sebagai Lokasi Penyimpanan Barang Setengah Jadi
Yang kedua, ada gudang penyimpanan barang atau produk setengah jadi yang digunakan sebagai tempat produk yang masih dalam proses pembuatan.

Umumnya, barang-barang ini harus menunggu untuk proses produksi selanjutnya. Untuk alasan ini barang harus disimpan terlebih dahulu.

Stok barang-barang ini diperlukan untuk proses pelabelan, pembuatan kemasan, pengemasan (packing), perakitan dan hal lainnya.

Gudang Sebagai Lokasi Penyimpanan Barang Siap Jual
Produk jadi yang sudah siap untuk dijual atau didistribusikan kepada pelanggan biasanya tersimpan di gudang jenis ini.

Jika ingin memanfaatkannya, Anda bisa memilih diantara Gudang penyimpanan pribadi atau sewa yang dibayar mingguan atau bulanan.

Gudang Sebagai Pusat Transportasi & Konsolidasi
Selanjutnya adalah jenis gudang yang fungsinya digunakan untuk menerima berbagai produk dari supplier atau vendor yang berbeda.

Sebelum akhirnya, semua barang atau produk tersebut dikonsolidasikan untuk pengiriman ke tangan para pelanggan.

Gudang Sebagai Lokasi Penyimpanan Barang Besar
Gudang jenis ini, atau lebih dikenal sebagai Gudang pusat merupakan gudang tempat penyimpanan barang-barang yang berukuran besar.

Nantinya, barang-barang tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian kecil, yang kemudian dikirimkan ke berbagai lokasi tujuan masing-masing.

Gudang Sebagai Lokasi Cross Docking
Umumnya, gudang cross docking atau lebih dikenal dengan nama transdock digunakan untuk memindahkan barang dari satu truk ke truk lainnya.

Jika diperlukan biaya sewa, gudang ini relatif lebih murah karena hanya digunakan dalam waktu yang relatif pendek atau singkat.

Gudang Sebagai Lokasi Pusat Penyortiran
Perusahaan yang kerap mendistribusikan dokumen dan paket paling sering menggunakan jenis layanan Gudang penyimpanan ini.

Semua produk dijadikan satu, lalu kemudian diurutkan berdasarkan zona atau kode pos, yang kemudian dikirimkan berdasarkan wilayahnya.

Gudang Sebagai Lokasi Distribusi (Fulfillment)
Selain Gudang-gudang diatas, terdapat gudang distribusi yang didesain khusus untuk orderan-orderan kecil dan sangat banyak.

Gudang jenis ini pun bisa digunakan untuk melakukan operasional pengembalian produk (return), misalnya untuk barang yang tidak sesuai pesanan.

Gudang Sebagai Lokasi Penyimpanan Umum (Public)
Ternyata tidak semua gudang digunakan untuk menjual produk sendiri, karena ada gudang yang sengaja dibangun bagi kepentingan bersama.

Salah satu yang mencuat belakangan adalah jasa gudang online, sebuah solusi untuk para pengusaha yang menjalankan bisnis di era teknologi.

Gudang ini bisa menjadi solusi bagi para Pebisnis yang belum memiliki Gudang penyimpanan sendiri untuk melayani pengemasan hingga pengiriman.