Panduan

Punya Tanah Yang Nganggur? Yuk, Kredit Bangun Rumah Saja Bersama Renovasik



Punya Tanah Yang Nganggur? Yuk, Kredit Bangun Rumah Saja Bersama Renovasik - Kerja sudah punya dan mapan. Pemasukan rutin mengalir setiap bulan. Namun, kalau masih ada peluang menambah penghasilan, kenapa gak diambil? Misalnya, anda punya tanah nganggur. Daripada dianggurin begitu saja lalu ditumbuhi semak belukar, alangkah lebih baik diolah jadi penghasilan dengan membangun rumah di tanah tersebut.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, rumah adalah salah satu bentuk dari investasi. Jadi, bisa dibilang orang yang punya rumah itu berstatus investor. Tentu saja, tanah juga bisa dijadikan investasi. Namun,  tentu nilainya lebih kecil dibandingkan dengan rumah. Oleh karena itu, membangun rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan pemasukan. Tapi, yang menjadi problema pada umumnya adalah biaya.

Memang, iya, biaya untuk membangun rumah tidaklah murah. Namun tenang, ada solusinya: kredit bangun rumah bersama Renovasik. Kredit bangun rumah Renovasik ini serupa dengan kredit pemilikan rumah (KPR). Namun bedanya, kredit bangun rumah Renovasik digunakan untuk membangun rumah. Sedangkan KPR untuk membeli rumah. Sekarang Anda sudah tahu bedanya yaa ...

Syarat Untuk Kredit Bangun Rumah

Tentu saja, setiap Bank memiliki syarat yang berbeda-beda dalam menyediakan kredit bangun rumah. Salah satu syarat yang sudah pasti sama adalah tanah yang akan dibangun rumah adalah milik sendiri.

Masa iya Anda mau bangun rumah di tanah milik tetangga? Kepemilikan tanah ini juga harus dibuktikan dengan dokumen legal yaitu sertifikat tanah.

“ Ingat yaa,persiapkan sertifikat kepemilikan tanah, jangan sertifikat kursus Bisnis & Personal Branding!” 

 Syarat lainnya antara lain salinan:

1. KTP dan Kartu keluarga
2. Nomor pokok wajib pajak (NPWP) jikaAnda akan mengambil pinjaman lebih dari Rp 100 juta
3. Mutasi rekening buku tabungan selama 3 bulan terakhir
4. Surat nikah (jika sudah menikah)

Yang juga mutlak diperlukan adalah izin mendirikan bangunan (IMB). Kalau membangun rumah tanpa IMB, bisa bisa Anda didatangi masalah nantinya. Lalu, apakah perlu untuk mempersiapkan daftar rencana anggaran biaya pembangunan yang rinci dan desain bangunannya? Inilah bedanya Renovasik dengan yang lainnya. Renovasik memberikan Gratis RAB (Rencana Anggaran Biaya), Gratis Survey serta gratis Desain.

Khusus buat Anda yang berstatus karyawan, slip gaji 3 bulan terakhir juga harus Anda lampirkan. Sedangkan buat Anda yang pengusaha atau pebisnis syarat utamanya adalah laporan keuangan usaha.

Cara Untuk Mengurus Kredit Bangun Rumah

Jika Anda sudah pernah berpengalaman mengurus KPR, pengurusan kredit bangun rumah tidak jauh beda, kok. Ribet atau tidaknya bergantung pada masing-masing bank dan diri Anda sendiri. jika syarat tidak lengkap, Anda mesti bolak-balik buat melengkapi.

Bank yang bekerja sama dengan renovasik (Bank Syariah Mandiri atau BSM) memberikan Tenor kredit bangun rumah hingga 20 tahun. Namun, bukan berarti Anda mesti menggenapi jangka waktu pelunasan kredit itu. Jika bisa lunas lebih cepat, kenapa tidak.

“Mau menyelesaikan kredit memang bagus,namun kalau kredit lain masih banyak bisa-bisa bikin bubrah kondisi keuangan!”

Untuk menentukan berapa lama tenor yang tepat, Anda harus hitung dulu kemampuan keuangan Anda. Seperti diketahui, semakin lama tenor semakin lama pula beban yang harus Anda tanggung per bulan hingga kredit yang Anda ambil lunas.

Jika bisa dan memungkinkan, ambil tenor sesingkat mungkin. Yang pasti, Anda tidak perlu takut dan cemas akan rugi bandar saat terjun ke dunia investasi properti.

Selama lokasi bangunan properti itu aman dari bencana dan strategis lokasinya, pasti harganya akan terus naik. Uang pinjaman dari bank bahkan bisa menjadi kalah jauh lho, dibanding keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi properti ini.

Jadi, sampai kapan tanah mau dianggurin? Gunakan kredit bangun rumah bersama Renovasik agar makin asyik.

Kontak Kami